biaya servis besar motor honda

Biaya Servis Besar Motor Honda Matic dan Bebek

Motorisblog.com – Biaya servis besar motor Honda matic dan bebek. Om Bro…!! Setelah sebelumnya, dulu, Mtb menuliskan artikel tentang motor matic injeksi mati mendadak, sekarang ini seri lanjutannya. Sebelumnya Mtb telah ceritakan perkara motor Mtb yang mengalami loss kompresi sehingga motor sering mati mendadak dan volume oli mudah susut.

Om Bro…!! Sejak Mtb beli secara kredit di tahun 2013 lalu, motor Honda Spacy Mtb memang sering “dipaksa” kerja terlalu berat. Maka (Mtb pikir) wajar jika menjelang usianya yang ke 5 tahun, dia sudah mengalami mogok total sampai harus servis besar bagian atas mesin (top overhaul). Yaitu pembersihan ruang bakar, skir klep dan lainnya.

Sebelum ini, motor Mtb memang sesekali mogok, tapi biasanya, setelah istirahat beberapa saat, dia bisa menyala kembali. Hingga pada saat kali kedua motor Mtb mogok total, Mtb dorong ke bengkel untuk servis besar. Dan ternyata… Luar biasa… kondisi ruang bakar dan katup (klep) telah tertimbun kerak yang sangat tebal. Pantaslah motor ini mogok total. Kompresinya hilang sama sekali hingga mesin tetap membisu saat Mtb coba start.

Om Bro…!! Kondisi ruang bakar motor Mtb yang sedemikian parahnya, selain karena faktor usia dan karena motor dibawa kerja berat, juga (sejujurnya) karena Mtb sendiri yang teramat sangat jorok dalam perawatannya. Mtb sering terlambat mengganti oli mesin, bahkan beberapa kali pernah sampai olinya susut hingga tersisa hanya sekira 400 ml. Padahal kapasitas oli mesin Honda Spacy FI yang semestinya adalah 700 ml berdasarkan buku panduan manual, atau 800 ml berdasarkan kemasan rata-rata oli mesin motor matic

biaya servis besar motor honda
Silinder head Honda Spacy FI

So, gile memang… joroknya Mtb ini. Ini merupakan salah satu contoh buruk yang sama sekali jangan ditiru

biaya servis besar motor honda
Piston Honda Spacy FI

Memang… sejak speedometer motor Mtb rusak & mati pada beberapa tahun lalu, Mtb kehilangan panduan untuk penggantian oli mesin. Menggunakan feeling dan hitungan waktu (misalnya sebulan sekali) ternyata tidak efektif. Mtb sering lupa dan lalai…

Selain itu, dari awal Mtb juga selalu menggunakan bensin Premium. Setelah premium di tiadakan dibeberapa daerah, Mtb rutin menggunakan Pertalite.

Jika sedari awal Mtb biasakan menggunakan bahan bakar Pertamax, mungkin tumpukan keraknya tidak akan terlalu tebal. Meskipun di beberapa pihak ada perdebatan mengenai kesesuaian RON bahan bakar dengan rasio kompresi mesin.

Tapi ya sudahlah… semua sudah terjadi. Sekarang kita kembali ke bahasan biaya servis besar motor Honda matic.

Om Bro…!! Pada dasarnya, yang sebenarnya, selain servis berkala, motor juga perlu servis besar untuk waktu dan kondisi tertentu.

Menurut beberapa sumber, umumnya motor Honda perlu servis besar setelah jarak tempuhnya mencapai 60.000 km atau usianya telah mencapai lebih dari 5 tahun.

Sumber lain mengatakan, untuk motor Yamaha, perlu dilakukan servis besar jika motor sudah menempuh jarak lebih dari 25.000 km.

Servis besar pada umumnya meliputi pembersihan ruang bakar dari deposit sisa pembakaran dan mengatur ulang posisi komponen-komponen pada head silinder sesuai dengan standar pabrikan.

Jika motor sudah ada gejala loss kompresi, akselerasi ngempos atau bahkan sering mati mendadak, maka harus ganti piston, ring piston dan packing full set. Apalagi jika ada asap dari knalpot, maka harus dikorter, yakni dinaikkan kapasitas mesinnya.

Terjadi seperti itu karena dinding silinder sudah aus sehingga tifak dapat lagi menggunakan piston dan ring piston dengan ukuran awal. Harus lebih besar diameternya (oversize).

Biaya servis besar motor Honda matic Spacy FI 2013

Om Bro… Meski disini yang Mtb ceritakan adalah motor Spacy, tapi untuk matic-matic entry level lain seperti Beat dan Vario 110 bahkan motor bebek pun biayanya tidak akan berselisih jauh.

Om Bro sekalian pasti tahu ya… jika biaya servis di bengkel umum cenderung lebih murah dibanding biaya bengkel resmi. Terlepas dari semua jaminan originalitas komponen dan garansi servis yang diberikan. Artinya, jika Om Bro mengutamakan jaminan original, maka lebih baik melakukan servis besar serta servis berkala di bengkel resmi.

Lain dengan Mtb… Mtb selalu selalu melakukan servis ringan di bengkel resmi, tapi untuk urusan penggantian komponen tertentu, Mtb lebih suka melakukannya di bengkel umum. Jauh lebih murah… Tapi ya itu… tidak ada jaminan partnya original meskipun pihak bengkel mengatakan bahwa part tersebut ori.

Salah satu sumber Mtb menyebutkan bahwa biaya jasa servis besar di bengkel resmi Honda dapat mencapai sekira Rp250 ribu. Itu belum termasuk spare part yang harus diganti. Jika diakumulasi, totalnya bisa mencapai Rp500-700 ribu.

Selisih jauh dengan dibengkel umum… Mtb hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp365 ribu sudah termasuk biaya jasa dan penggantian beberapa part. Rinciannya sebagai berikut,

. Top set: Rp25.000
. Skir klep: 20.000
. Piston set: Rp175.000 (oversize 25)
. Corter: Rp30.000
. Karet silinder blok: Rp45.000
. Amplas: Rp5.000
. Jasa servis: Rp65.000

Total: Rp365.000

Mtb melalukan servis besar di Bagja Motor, Cisaga, Ciamis, Jawa Barat.

Waktu pengerjaan servis besar

Pada umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan servis besar motor adalah seharian. Dari pagi sampai sore. Selain itu, jika terjadi korter blok mesin (silinder), maka ada waktu ekstra untuk inreyen piston baru setidaknya selama tiga hari. So, jangan dulu di geber atau pun membawa beban berat. Ya, kurang lebih seperti inreyen motor baru lah, begitu. (Mtb – Biaya servis besar motor Honda matic).

Tinggalkan Komentar