Biaya Service Harley Davidson Bisa Lebih Mahal dari LCGC

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Bagi Mtb, melihat motor sport 250cc saja sudah gagah. Tapi bagi horang kaya penunggang HD, motor 250cc hanyalah motor kecil. Iya wajar sih, mengingat kapasitas mesin motor HD yang (kabarnya) paling kecil berada pada angka 500cc. Nah. Kali ini Mtb bakal ajak Om Bro sekalian untuk mengetahui gambaran biaya service Harley Davidson.

Advertisement

Segmentasi Harley Davidson

Menurut informasi dari berbagai sumber, rata-rata Pengguna motor gede (moge) Harley Davidson biasanya sudah senior. Usianya pun lebih dari 40 tahun. Begitu kata Sahat Manalu, Dealer Principal Anak Elang Harley Davidson of Jakarta kepada DetikOto.

Menurut Mtb juga masuk akal sih. Mengingat harganya yang bahkan mencapai milyaran rupiah, tentu pemiliknya adalah seorang yang sudah sangat mapan.

Selain itu motor Harley Davidson itu kan motor hoby. Bukan motor harian. Jadi pasti pemiliknya itu horang kaya. Jadi jika pun pemiliknya masih muda dan belum mapan, tentu ia punya orang tua yang cukup tajir.

Dulu waktu masih kecil, Mtb suka heran kalau membicarakan motor Harley yang menjadi tunggangan Ali Topan dalam sinetron. Mtb fikir, “Ngapain beli motor mahal-mahal? Toh masih kepanasan-kehujanan.

“Kenapa nggak beli mobil saja?”

Hingga akhirnya Mtb tahu bahwa orang-orang yang punya Harley itu rata-rata justru sudah punya mobil. Bahkan kadang orang yang mobilnya banyak.

Pantesan aja ya Om.

Jadi kepemilikan motor Harley mereka itu merupakan jalur penyaluran hoby. Bukan atas dasar kebutuhan transportasi.

Model Harley Paling Populer

Masih menurut Sahat Manalu, motor Harley-Davidson yang paling populer adalah yang bermesin 1500cc ke atas. Padahal kurang dari itu pun Harley punya yang kapasitas 500cc, 700cc dan 1200cc.

Tapi konon yang 750cc itu biasanya hanya menarik minat anak-anak muda atau orang yang baru kenal Harley. Soale orang yang punya budget Rp1 miliar lebih untuk membeli motor itu biasanya mereka yang telah berusia lebih dari 40 tahun.

Kemudian soal selera, biasanya orang-orang peminat Harley yang telah matang cenderung lebih suka tipe touring. Hal itu karena posisi riding yang lebih nyaman, kapasitas mesin lebih besar dan suara knalpot juga lebih gahar.

Kisaran Harga Moge Harley Davidson

Sesuai dengan nama besarnya, harga Harley Davidson yang paling murah adalah Rp200 jutaan untuk mesin 500cc. Sedangkan untuk yang lebih besar, harganya bisa hingga Rp2 miliaran (Harley-Davidson CVO).

Advertisement

Biaya Service Harley Davidson

Bersumber dari Service Manager Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Imam Budihardjo, katanya biaya jasa servis reguler Harley-Davidson berkisar Rp400.000 hingga Rp 1.2 juta.

Service reguler adalah jasa regular selain bongkar mesin. Istilahnya ya perawatan berkala alias maintenance rutin.

Untuk biaya turun mesin tentu beda lagi. Apalagi kalau ganti mesin, bisa keluar uang hingga ratusan juta rupiah.

Yup. Untuk motor sekelas Harley Davidson, jika kondisi mesin sudah terlalu parah biasanya ada yang memilih solusi ganti mesin. Harga mesinnya berbeda-beda. Ada yang Rp125 juta untuk mesin Harley Screamin Eagle 120 cubic-inch. Kapasitas mesinnya hampir hampir 2000 cc.

Uwow! Dua liter Om!

Meskipun Harley-Davidson itu motor muahal, tapi ia juga tetap harus mendapat perawata seperti motor-motor lain, misale saja dengan selalu rutin ganti oli.

Bahkan jika tidak digunakan sekalipun, oli harus tetap ganti maksimal setahun sekali.

Sesuai kubikasi mesinnya, kapasitas oli motor Harley pun seukuran oli mobil.

Masing-masing motor Harley-Davidson beda kapasitas oli mesinnya. Kisarannya antara 3.5 liter hingga 4 liter.

Harga Olinya itu sendiri berada pada kisaran Rp146.000/liter. Jadi, sekali ganti oli Harley itu hampir Rp600,000 ya Om.

Selain itu harga brakepad juga mahal. Per-set’nya mencapai Rp1.2 juta hingga Rp1.3 juta.

Sementara untuk belt, harganya bisa tembus Rp4 jutaan.

Tapi untuk belt sih jarang ganti. Anjurannya tiap 50.000 km, bahkan bisa hingga 100.000 km jika setelannya bagus. Sementara jarang ada motor Harley-Davidson yang jarak tempuhnya mencapai 50.000 km dalam kurun waktu pendek.

Mengapa demikian?

Karena umumnya motor Harley jarang mereka gunakan. Hanya sesekali saja untuk menyalurkan hoby. Sementara urusan transportasi harian, kebanyakan mereka mengendarai mobil.

Jadi jika misale Om Bro termasuk kalangan ekonomi sekelas Mtb tapi pengen punya Moge Harley, coba pikir-pikir lagi perkara biaya perawatannya. Jadi tidak semata-mata hanya menimbang harga beli motornya saja. (Mtb).

Advertisement

2 komentar untuk “Biaya Service Harley Davidson Bisa Lebih Mahal dari LCGC”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *