biaya perpanjangan sim c

Biaya Perpanjang SIM C Pada Layanan SIM Keliling, Murah dan Mudah

Motorisblog.com – Biaya perpanjang SIM C. Om Bro…!! Coba di cek… pastikan dan ingat baik-baik kapan SIM Om Bro / Sista akan habis masa berlakunya alias expired? Jangan sampai hal yang tidak terlalu rumit justru mengakibatkan suatu masalah yang lebih rumit, misalnya kena tilang, sulit klaim asuransi, atau pun hal-hal lainnya.

Perlu Om Bro pahami bahwa pentingnya SIM bukan sekedar untuk menghindari tilang… namun juga hal-hal penting lainnya. Mungkin sebagian dari Om Bro / Sista ada yang belum faham, bahwa perkara asuransi pun berhubungan erat dengan SIM. Singkatnya, Om Bro akan kesulitan atau bahkan (mungkin) tidak bisa melakukan klaim asuransi (semisal Jasa Raharja dan lainnya) jika SIM Om Bro tidak berlaku lagi.

Ini sih amit-amit ya, Om Bro… Bukan kita pengen celaka… tapi tidak ada salahnya lah kalau kita menjaga sesatu hal yang tidak di inginkan. Betul???

Ya sudah… kita kembali ke TKP…

Om Bro sekalian pastinya tahu jika masa berlaku SIM itu selalu sama dengan tanggal kelahiran kita. Maka jika Om Bro suka merayakan ulang tahun, sepatutnya Om Bro tidak akan lupa dengan masa berlaku SIM. Kecuali kalau seperti Mtb yang tidak pernah merayakan ulang tahun, ya… wajar kalau lupa SIM hangus. Wkwkwkwkk…!!

Permasalahannya adalah, jika SIM sudah keburu hangus, maka Om Bro tidak bisa memperpanjangnya. Om Bro jadi harus bikin baru lagi dan pasti biayanya pun jadi lebih mahal. Maka dari itu, biasakan perpanjang SIM sebelum masa berlakunya habis. Tapi pun menperpanjangnya jangan terlalu panjang juga. Soale kalau terlalu panjang, nanti susah menyimpannya di dalam dompet. Wkwkwkwwk…!!

CARA DAN BIAYA PERPANJANG SIM C

Latar belakang Mtb menulis artikel ini adalah karena beberapa waktu yang lalu, Ibunda Mtb mengatakan bahwa beliau baru saja perpanjang SIM C pada layanan SIM keliling. Tapi saat itu Mtb lupa menanyakan secara detail mengenai prosesnya. Baru hari ini Mtb mendapatkan informasi dari kobayogas.com yang isinya kurang lebih sama.

biaya perpanjang sim c

Menurut Mang Kby, layanan SIM keliling bisa Om Bro manfaatkan untuk proses perpanjangan SIM yang masih berlaku, baik itu SIM A, B, C atau D.

Ada beberapa syarat yang harus Om Bro penuhi untuk perpanjangan SIM di layanan SIM keliling, yakni,

. Foto kopi KTP – 2 lembar,
. Foto Kopi SIM lama – 1 lembar,
. SIM asli dan KTP Asli,
. Sejumlah uang cash dengan rincian di bawah nanti,

PROSES PERPANJANGAN

. Langkah pertama Om Bro masuk ke antrian pada pemeriksaan kesehatan mata dengan biaya Rp25,000,

. Selanjutnya Om Bro isi formulir dengan memperlihatkan SIM asli dan fotokopi (1 lembar) serta fotokopi KTP 2 lembar. Disini ada ongkos tulis seikhlasnya…

. Kemudian Om Bro menuju ke bagian asuransi. Disini tidak ada biaya apa pun. Om Bro akan mendapatkan kartu asuransi kecelakaan sekaligus di berikan nomor antrian untuk masuk ke tahapan berikutnya,

. Om Bro boleh duduk manis atau selfie-selfie sambil menunggu antrian. Saat dipanggil, Om Bro masuk lagi ke dalam bus untuk di ambil foto. Di sini biasanya Om Bro akan ditanya-tanya beberapa hal semisal nama jelas, alamat, tinggi badan dan lain-lain. Usahakan jawab sejujurnya. Jangan berbohong, misalnya, tinggi badan Om Bro 165 cm tapi ngakunya 180 cm.

Jika memang Om Bro mau berbohong seperti itu, maka katakan saja, “Dulu saya tingginya 180, Pak… tapi sekarang mengkerut gara-gara kedinginan”.

Jiahahahaha…!! Paling-paling nanti mulut Om Bro di sumpal ban serep. Kakakakak…!!

. Selesai sesi foto, Om Bro akan di ambil cap sidik jari dan tanda tangan. Selanjutnya Om Bro kembali menunggu sekira 5-10 menit. SIM C selesai, Om Bro tinggal bayar Rp115,000. (Mtb – Biaya perpanjangan SIM C).

Tinggalkan Komentar