penjualan mobil lmpv februari 2018

Biaya Perawatan Xpander vs Avanza vs Mobilio vs Ertiga… Antara Mitos dan Data

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jujur saja Mtb baru tahu bahwa ada perselisihan mitos dan data dalam hal biaya perawatan Xpander vs Avanza serta biaya perawatan Ertiga vs Mobilio. Pasalnya, selama ini telah beredar kabar bahwa biaya service Xpander ialah yang termahal diantara keempat produk tersebut.

Harga sparepart Xpander pun di anggap yang termahal di kelasnya…

Sementara itu, Toyota Avanza di anggap yang paling murah dalam hal biaya perawatan…

Tapi ternyata… jika di lihat secara data dari beberapa sumber, pandangan itu justru salah.

Biaya perawatan Mobilio vs Avanza pun ikut-ikutan di anggap lebih mahal Mobilio… Tapi setelah di telisik, ternyata anggapan tersebut timbul akibat perbandingan harga servis Toyota Kijang vs Honda Civic di masa lalu.

Dan masalahnya, akibat dari perbandingan yang tidak selevel itu, mitos yang terbawa hingga kini ialah hanya merknya saja… yaitu Toyota vs Honda. Maka muncullah anggapan bahwa biaya perawatan mobil Honda lebih mahal dibanding Toyota.

Padahal, Honda yang mana dan Toyota yang mana…??

Informasi ini Mtb ciduk dari blognya Mang Kby, edisi 24/10/2018… bahwa biaya servis Ertiga 40.000 km dan kelipatannya ternyata jauh lebih murah dibanding Avanza. Juga biaya service rutin Xpander yang dianggap paling mahal, kenyataannya secara data justru malah yang termurah.

Di tambah lagi dengan data biaya service Mobilio 2018 yang pada intinya masih termasuk dalam kategori murah juga.

Nah, kenapa Mtb tertarik untuk ikut-ikutan membahas perkara ini…??

Alasannya simple. Mtb tertarik lantaran di kelas MPV 7 seat, 4 produk ini adalah yang terlaris. Asumsinya, para calon konsumen sedikit banyaknya butuh informasi seperti ini dalam pertimbangannya sebelum memutuskan untuk membeli mobil yang mana??

Lah iya… Jika Om Bro mau beli mobil, maka logikanya Om Bro juga harus siap untuk perawatannya. Sementara layanan servis gratis pada produk mobil, umumnya hanya diberikan hingga jarak tempuh sejauh 40.000 km saja.

Selebihnya, Om Bro harus merogoh kocek sendiri.

Yo wis… sebagai perbandingan, monggo Om Bro simak estimasi servis berkala pada jadwal 80.000 km berikut ini… Namun disini Mtb klarifikasi dulu bahwa datanya tidak murni head to head. Ada percampuran perbandingan yang berbeda dalam hal tipe transmisi si mobil, yakni manual dan matic.

Toyota Avanza MT

penjualan mobil lmpv februari 2018Sayangnya, informasi biaya servis Avanza MT yang di share oleh Mang Kobay ialah info lama yang berasal dari tahun 2015.

Menurut Mang Kby, dia tidak mendapatkan info terbarunya… dan memang benar, ketika Mtb coba cari pun Mtb tidak temukan info yang lebih baru. Namun begitu, kita bisa menggunakannya sebagai acuan dengan asumsi kenaikan biaya jasa dan harga sparepart sebesar 5%-10%.

Berikut ini rinciannya,

Pada servis 80.000 Km, Toyota Avanza MT tersebut telah menelan dana sebesar Rp3,147 juta. Dengan detail:
. Jasa service: Rp697.000
. Harga oli (4 Liter): Rp320.000
. Filter oli: Rp75.000
. Minyak rem (2 botol): Rp90.000
. Busi: Rp100.000
. Filter udara: Rp150.000
. Penetrant & grease: Rp85.000
. Gasket plug carter & air aki: Rp10.000
. Filter BBM: Rp1,3 juta

Itu untuk tipe manual. Tidak ada info tipe maticnya, namun patutnya, tipe matic akan lebih mahal dari itu…

Honda Mobilio Matic CVT

honda mobilio 2018Dari web resmi Honda, estimasi biaya servis Mobilio matic untuk jadwal 80.000 Km adalah Rp2.271.000 (sudah termasuk PPn 10%).

Detailnya adalah;
. Oli mesin (4 liter): Rp340.000
. Ring tab oli: Rp8.000
. Filter oli: Rp37 ribu
. Busi (4 pcs): Rp88.000
. Filter BBM: Rp401.000
. Oli CVTF: Rp297.000
. Jasa (+PPn): Rp983.000

Suzuki Ertiga

new ertiga 2018
Ertiga 2018 versi lama

Dari web resmi Suzuki, estimasi biaya servis Ertiga matic pada 80.000 Km adalah Rp1.759.800, dengan rincian sebagai berikut:

. Jasa servis: Rp540.000
. Filter Oli: Rp35 ribu
. Filter udara: Rp109.000
. Oil gasket: Rp5.900
. Oli mesin (3.1 liter): Rp248.000
. Minyak rem (2 botol): Rp60.000
. Engine Coolant (1 galon): Rp120.000
. Oli Matik (5 liter): Rp519.500
. Busi (4 pcs): Rp122.400

Note: tidak ada informasi apakah total tersebut sudah termasuk PPn atau belum

Mitsubishi Xpander

penjualan mobil lmpv februari 2018Ini MPV yang fenomenal karena telah mempu menjungkalkan kedigdayaan Toyota Avanza yang telah menjadi mobil sejuta umat selama belasan tahun…

Dari informasi yang Mtb dapat, total estimasi biaya servis Xpander pada 80.000 Km adalah Rp1.743 juta. Sayangnya, Mtb tidak mendapatkan detail harga perpart-nya, juga sudah termasuk PPn atau belum.

Informasinya hanya menyebutkan bahwa total tersebut sudah mencakup
. Oli mesin,
. Filter oli,
. Coolant,
. Minyak rem,
. Engine flush,
. Engine oil treatment,
. Gasoline fuel system,
. Filter udara,
. Oli transmisi
. Air freshener

Pamungkas…
Jika ada kesalahan, silahkan Om Bro koreksi di kolom komentar…

Mtb tegaskan bahwa Mtb belum banyak tahu tentang mobil… Tapi jika membandingkan dengan motor, ada kemungkinan asumsi lebih murahnya biaya perawatan Avanza timbul lantaran perbandingan yang tidak seimbang antara part KW dan part ori..

Maksudnya begini…

Jika Om Bro membandingkan antara harga part KW Avanza dengan part ori punya Xpander dan lain-lain, maka sudah jelas bahwa harga part-part Avanza akan terlihat lebih murah. Juga ketika Om Bro membandingkan antara biaya servis Avanza di bengkel umum dengan biaya servis Xpander dan lain-lain di bengkel resmi… maka sangat mungkin hasilnya akan lebih murah biaya servis Avanza.

Mtb asumsikan seperti itu atas apa yang Mtb pelajari dari biaya perawatan motor Honda vs Yamaha vs Suzuki. Dari perbandingan tersebut, timbul kesan bahwa biaya perawatan motor-motor Suzuki lebih mahal dibanding dua kompetitornya…

Hasilnya, setelah Mtb telusuri, ternyata perbandingannya adalah part-part KW Honda dan Yamaha vs part ori Suzuki… (Mtb – Biaya Perawatan Xpander vs Avanza vs Mobilio vs Ertiga).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan komentar