Segini Nih Biaya Pasang Rem ABS Motor, Ternyata…

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ada beberapa pertanyaan yang masuk ke redaksi Mtb, bunyinya ialah, berapa biaya pasang rem ABS motor??

Advertisement

Maka Mtb jawab, mahal Om…

Maksudnya begini… Mtb belum melakukan observasi secara mendalam. Namun sekedar untuk terawangan sekilas saja, Mtb bisa memberi sedikit gambarannya…

Biaya Pasang Rem ABS Motor

Om Bro…!! Pasang rem ABS di motor non ABS bukanlah suatu perkara yang mudah dan murah. Tapi pun begitu, tetap bisa dilakukan dengan langkah rumit dan biaya yang sedikit mahal.

Mahalnya biaya pasang rem ABS pada motor, terutama disebabkan oleh banyaknya komponen yang harus diganti.

Menurut Sales Training & Homologation Manager Piaggio Indonesia, Adi Tristianto (DetikOto, 8/4/2019), berikut ini beberapa komponen yang harus diganti yang berhubungan langsung dengan harga pasang rem ABS motor:

  1. ECU ABS
  2. Kabel bodi
  3. Modul ABS
  4. Speed sensor ABS (pembaca kecepatan roda)
  5. Selang rem (selang terbagi dua)

Sayangnya Adi Tristianto tidak menyebutkan secara detail berapa harga tiap-tiap komponen dan biaya pemasangannya. Namun jika kita lihat dari selisih harga motor-motor ABS dengan yang non-ABS, tampaknya ada jarak sekira Rp4 jutaan hingga Rp5 jutaan.

Jadi, jika pun ada yang menawarkan harga lebih murah dari itu, maka Om Bro musti mewaspadai kualitasnya.

Advertisement

Sekilas demikian Om… Kalau ada waktu dan kesempatan nanti Mtb cari tahu detailnya…

Om Bro…!! Secara pabrikan, belakangan ini memang telah banyak motor yang dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS). Gunanya ialah demi meningkatkan keamanan pada saat terjadi hard breaking.

Dengan teknologi ABS, roda motor atau pun mobil tidak akan terkunci (berhenti berputar) meski Om Bro mengerem sekeras-kerasnya. Dengan demikian, tidak akan terjadi sliding yang dapat menghilangkan keseimbangan kala berkendara.

Bahkan ada salah satu riset yang mengatakan bahwa aplikasi teknologi ABS dapat mengurangi tingkat kecelakaan motor hingga sebanyak 27%. Namun demikian, teknologi ABS saat ini masih terbilang mahal. Dapat Om Bro lihat dari selisih harga unit kendaraan yang menggunakan dan yang tanpa dibekali teknologi ABS sejak dari pabriknya. (Mtb).

Perbedaan Rem ABS dan CBS: Masih Banyak yang Salah Kaprah

Manfaat Rem ABS Pada Motor, Jumlah Kecelakaan Berkurang 27%

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *