pelayanan mutasi samsat ciamis

Cara, Alur Proses dan Biaya Mutasi Motor Keluar Provinsi

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Dulu Mtb tahan-tahan motor tetap terdaftar di Samsat Balaraja, Tangerang. Alasannya lantaran Mtb belum faham akan cara, alur proses dan biaya mutasi motor keluar provinsi. Jadi Mtb tunda-tunda terus sambil menghitung nominal uang yang dibutuhkan. Namun setelah 5 tahun berlalu, STNK dan plat nomor habis masa berlakunya, maka mau tak mau Mtb harus pindahkan domisili motor sesuai dengan alamat tinggal Mtb sekarang.

Advertisement

Om Bro…!! Disini Mtb tidak bisa membahas cara mutasi motor luar provinsi secara detail pisan, soale proses cabut berkasnya Mtb lakukan dengan bantuan Biro Jasa. Jadi yang akan Mtb bahas secara detail hanya pemberkasan, total biaya dan proses masuk ke Samsat tujuan saja.

Iya Om… Soale jauh pisan jaraknya. Motor Mtb terdaftar di Tangerang, sementara sekarang Mtb telah tinggal dan menetap di Ciamis. Kampung kelahiran Mtb di ujung timur Jawa Barat. So… atas pertimbangan waktu, ongkos perjalanan, dan lain-lain, akhirnya Mtb putuskan untuk meminta bantuan Biro Jasa saja dalam hal cabut berkas dari Samsat Balaraja.

Yo wiss… Kita cekidot saja langsung pada kisahnya…

Cara dan Biaya Mutasi Motor Keluar Provinsi

Cara Mutasi Motor Dari Luar Provinsi

Tanggal 29 Oktober 2018 Mtb mengubungi Biro Jasa dan menuju Samsat Kota Banjar Patroman. Di sinilah Mtb memproses pencabutan berkas dari Samsat Kabupaten Tangerang (Samsat Balaraja).

Sebenarnya tujuan mutasi motor Mtb ialah ke Ciamis, sesuai dengan alamat KTP Mtb. Namun karena lokasi Samsat Banjar justru lebih dekat dari rumah Mtb, jadi Mtb memilih minta bantuan Samsat Banjar saja.

banner di samsat banjar

Sampai di Samsat Banjar, Mtb tanyakan syarat mutasi motor luar provinsi ke bagian yang bersangkutan. Selanjutnya setelah mendapat arahan singkat, Mtb segera menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan, kemudian menuju ke area cek fisik kendaraan.

area cek fisik samsat banjar

Disitu motor Mtb digesek untuk mendapatkan nomor mesin dan nomor rangkanya.

Sedikit catatan Om… Motor yang Mtb mutasikan ialah Honda Spacy FI lansiran tahun 2013. Untuk motor lain bisa saja biayanya beda. Tapi Mtb kira untuk kelas mesin yang sama dan tahun produksi yang mendekati, kemungkinan biayanya tidak akan jauh berbeda.

Yo wiss… Lanjut lagi ke alur prosesnya… Berikut ini berkas-berkas yang harus disiapkan,

  1. STNK asli dan copy (3 lembar)
  2. BPKB asli dan copy (3 Lembar)
  3. KTP asli dan copy (3 lembar)
  4. Kwitansi kosong (1 lembar)
  5. Berkas hasil cek fisik
  6. Materai 6000 (jika balik nama)
  7. Formulir Permohonan Mutasi Ranmor Luar Daerah
  8. Faktur Kendaraan
  9. Sertifikat Kendaraan

bpkb

  • Note:
    KTP asli hanya di cek saja oleh Biro Jasa, kemudian dikembalikan pada Mtb
  • STNK dan BPKB asli dibawa oleh Biro Jasa untuk proses pencabutan berkas
  • Kwitansi digunakan untuk menulis estimasi nilai / harga jual motor saat itu
  • Materai tidak dibutuhkan jika prosesnya hanya mutasi saja tanpa balik nama (nama pemilik motor tetap sama)
  • Formulir Permohonan Mutasi di dapat dari Samsat asal (atau dari Samsat tujuan jika cabut berkas dibantu oleh Samsat tujuan)
  • Faktur dan Sertifikat kendaraan tidak ditanyakan, tapi Mtb lampirkan. Entah sebenarnya wajib atau tidak

Biaya Mutasi Motor Keluar Provinsi

Biaya yang Mtb keluarkan saat itu ialah:

  1. Fotocopy & kwitansi Rp5.000
  2. Cek fisik (gesek) Rp30.000
  3. Biaya cabut berkas Rp700.000
  4. Ongkos Biro Jasa Rp200.000
  5. Materai 6000 Rp7000
  • Total Rp942.000

Setelah semua berkas lengkap, Mtb serahkan berkas-berkas tersebut pada Biro Jasa yang membantu Mtb. Kemudian dari situ Mtb mendapat “Surat Jalan” yang berupa copy STNK dengan legalisir stempel ‘Mutasi R2‘ dan stempel ‘Satlantas‘. Gunanya ialah sebagai pengganti STNK selama proses mutasi belum selesai.

Mtb tidak mendapat rincian detail akan biaya yang Rp700.000. Kemungkinan di dalam angka Rp700.000 itu pun sebenarnya ada “ongkos”nya juga. Tapi pihak Biro mengatakan bahwa ongkosnya ialah yang Rp200.000 terpisah di atas itu. Ngga apa-apa sih Om… Wajar lah… Soale kalo Mtb berangkat sendiri ke Tangerang, pasti ngga akan cukup uang Rp900.000.

Selanjutnya, dari Biro Jasa yang membantu Mtb, Mtb mendapat estimasi prosesnya akan selesai dalam waktu 1,5 bulan – 2 bulan. Tapi ternyata lebih lama dari itu. Berkas mutasi Mtb baru selesai setelah 3,5 bulan kemudian.

Hokeh lah ya Om… Ngga apa… yang penting beres.

Tanggal 12 Februari 2019 Mtb mendapat telfon dari Biro Jasa, bahwa berkas motor Mtb telah selesai. Mtb diminta datang ke Samsat Banjar untuk cek fisik lagi, guna melengkapi berkas proses mutasi masuk. Tapi ternyata hasil cek fisik di Banjar kali ini tidak berlaku karena tujuan mutasinya ialah Kabupaten Ciamis, bukan Kota Banjar.

Mang Biro lupa bahwa tujuan mutasi motor Mtb ialah Ciamis. Dan Mtb sendiri juga tidak tahu bahwa cek fisik yang kedua haruslah di Samsat tujuan. Ya sudah… Lagi-lagi ngga apa-apa…

Keesokan harinya, yaitu tanggal 13 Februari 2019, Mtb menuju ke Samsat Ciamis dengan membawa berkas-berkas mutasi yang Mtb dapatkan dari Samsat Kabupaten Tangerang melalui Samsat Kota Banjar.

Cara Daftar Mutasi Masuk Motor (Alur Proses mutasi masuk motor) di Samsat Ciamis

Sampai di Samsat Ciamis, Mtb menuju ke bagian informasi. Setelah bertanya dan mendapat pengarahan dari bagian informasi, Mtb segera menuju area cek fisik.

Setelah dapat hasil cek fisik, Mtb bawa semua berkas-berkasnya (termasuk yang dari Tangerang dan dari Banjar) ke ruang pelayanan mutasi. Berkasnya ada banyak pisan Om.

pelayanan mutasi samsat ciamis

  1. STNK asli (STNK lama)
  2. BPKB asli
  3. Berkas cek fisik pertama
  4. Surat Keterangan Fiskal Antar Daerah
  5. Pengantar Mutasi Ranmor Luar Daerah
  6. Daftar Kelengkapan Dokumen Mutasi Ranmor ke Luar Daerah
  7. Tanda Bukti Pengiriman Dokumen Mutasi Kendaraan Bermotor
  8. Formulir Permohonan Mutasi Ranmor Luar Daerah
  9. Faktur Kendaraan Bermotor
  10. Sertifikasi Kendaraan Bermotor
  11. Formulir Permohonan STNK
  12. Kartu Induk BPKB
  13. Berita Acara Pencarian Arsip BPKB
  14. Advertisement
  15. Surat Keterangan Pengganti Arsip
  16. Berkas cek fisik kedua

berkas cek fisik motor

faktur motor

Note:

  • Berkas cek fisik pertama ialah yang dibuat di Samsat Banjar saat akan cabut berkas. Jika ketika itu Mtb urus sendiri ke Balaraja, maka berkas cek fisik pertama berarti dibuat di Balaraja
  • Formulir Permohonan Mutasi di buat pada saat akan cabut berkas
  • Faktur dan Sertifikat Kendaraan bermotor adalah berkas bawaan motor dari pabrikannya
  • Berita Acara Pencarian Arsip dan Surat Keterangan Pengganti Arsip, Mtb tidak faham fungsinya. Entah mungkin arsip motor Mtb di Samsat Tangerang hilang…?? Jika iya, maka keduanya tidak diperlukan pada situasi normal, yaitu jika arsip-arsipnya ada
  • Berkas cek fisik kedua ialah cek fisik yang dilakukan di Samsat Ciamis pada saat akan mengurus proses mutasi masuk

Dari ruang pelayanan mutasi, Mtb mendapat lagi surat jalan seperti dari Samsat Banjar. Yakni fotocopy-an yang dibubuhi stempel legalisir sebagai pengganti STNK. Jadi jika sewaktu-waktu dijalan Mtb ketemu razia kendaraan bermotor, Mtb ngga kena tilang.

Dari petugas di ruang pelayanan mutasi, Mtb diminta datang lagi tanggal 25 Februari 2019. Sekira 12 hari kalender dari tanggal 13 Februari 2019.

Nah, pada 2 hari di tanggal 12-13 Februari 2019, Mtb mengeluarkan biaya sebagai berikut:

  1. Tunggakan Pajak Rp30.000
  2. Cek fisik di Samsat Banjar Rp30.000
  3. Cek fisik di Samsat Ciamis Rp20.000
  4. Biaya proses mutasi masuk Rp150.000
  • Total Rp230.000

Note:

  • Tunggakan pajak Mtb bayarkan pada Mang Biro untuk mengganti pembayaran keterlambatan pajak di Samsat Tangerang
  • Hasil cek fisik di Samsat Banjar tidak berlaku dan harus di ulang di Samsat Ciamis

Biaya Mutasi Masuk Motor 2019 (Antar Provinsi – Honda Spacy FI 2013)

Tibalah waktunya, tanggal 25 Februari 2019… Mtb meluncur ke Samsat Ciamis.

Sampai di lokasi, Mtb langsung menuju ke ruang pelayanan mutasi. Berkas telah beres, kemudian Mtb di arahkan untuk menuju ke ruang pelayanan BPKB. BPKB lama di ambil oleh petugas untuk di perbarui data-nya.

Selepas itu kemudian Mtb menuju loket pendaftaran STNK baru. Disini Mtb diberikan formulir kosong. Mtb isi dulu, kemudian Mtb serahkan seluruh berkasnya ke loket pendaftaran mutasi masuk.

loket mutasi samsat ciamis

loket pendaftaran dan penetapa stnk samsat ciamis

Setelah itu Mtb duduk menunggu lumayan lama Om… Kebetulan antriannya memang banyak. Sepertinya lebih dari 30 menit atau bahkan 1 jam Mtb baru di panggil.

Formulir kosong yang di isi ialah:

  • Surat Pendaftaran dan Pendataan Kendaraan Bermotor (SPPKB)
  • Formulir Permohonan STNK

Selesai… dan setalah 30 menit – 1 jam itu, Mtb dipanggil oleh loket Bank BJB untuk membayar biaya-biaya yang tertera di STNK.

kasir bank bjb samsat ciamis

Selesai pembayaran, Mtb diarahkan menuju ruang pengambilan plat nomor. Disana, Mtb serahkan STNK, kemudian mengantri… Menunggu plat nomor selesai di kerjakan.

Sekira 15 menit kemudian Mtb dipanggil. Selesai sudah plat nomor motor dibuat, dan Mtb dikenakan biaya Rp15.000.

Total Biaya Mutasi Antar Provinsi

Di tanggal 25 Februari 2019 saat Mtb ambil STNK dan plat nomor, Mtb mengeluarkan biaya sebagai berikut:

  1. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp168.000
  2. SWDKLLJ Rp46.000
  3. Denda SWDKLLJ Rp8.000
  4. Penerbitan / Pengesahan STNK Rp100.000
  5. Penerbitan TNKB Rp60.000
  6. Pengambilan TNKB (plat nomor) Rp15.000
  • Total Rp397.000

Note:

  • Nomor 1 sampai nomor 5 tertera di STNK (jumlahnya Rp382.000), nomor 6 dibayarkan di tempat pengambilan plat nomor

Nah Om… Sekarang kita jumlahkan…

  • Total Biaya pencabutan berkas via Biro Jasa Rp942.000
  • Total biaya mutasi masuk motor (tanggal 12, 13, 25 Februari 2019) Rp627.000

Maka total keseluruhannya adalah Rp1.569.000

Ditambah ongkos (bensin) beberapa kali peerjalanan… Ditambah makan siang saat menanti antrian, dan lain-lain, habislah Rp1,7 jutaan Om…

Nah terus… Sampai disini BPKB belum jadi. Mtb diminta untuk mengambil BPKB di Mapolres Ciamis pada 2 minggu kemudian. Entah nanti masih ada biaya lagi atau tidak, tadi Mtb lupa tanyakan.

Jika ada biaya lagi, nanti Mtb tambahkan disini…

Kemudian saat Om Bro terima STNK, teliti lagi detailnya. Pastikan semua datanya benar. Soale tadi Mtb ketiban sial, ternyata data nomor mesinnya salah. Yang tertera di kolom nomor mesin justru malah nomor BPKB. Beruntung Mtb teliti, jadi Mtb kembalikan ke loket STNK untuk di perbaiki.

Eehh… masih belum habis sialnya. Setelah diperbaiki pun masih ada salah satu angka terakhir. Benar-benar lalai petugasnya. Ya jelas Mtb kembalikan lagi. Akhirnya kan Mtb jadi buang banyak waktu Om… Jadi nunggu perbaikan data STNK sih yaa…

Tapi ngga apa. Sudah Mtb maafkan meski dia tidak meminta maaf. Siapa pun dia petugasnya…

Itu saja share Mtb kali ini. Semoga bermanfaat Om. So, jika Om Bro hendak mutasi motor / mobil dan punya cukup waktu luang, lebih baik di urus sendiri. Lebih puas… Lebih murah dan jadi nambah pengetahuan.

Dan pamungkasnya, biasakan untuk bertanya dan minta arahan dulu pada bagian informasi. Jika (misalnya) ada orang seperti calo yang menanyakan keperluan Om Bro, sebaiknya hindari saja. Buatlah alasan bahwa Om Bro mau menanyakan sesuatu ke dalam. Jangan katakan apa urusan Om Bro pada calo. Iya kalau pakai jasa calo kan akhirnya jadi mahal juga. (Mtb – Biaya mutasi motor keluar provinsi).

Cara Mengetahui Jadwal Samsat Keliling di Jawa Barat

Cara Bayar Pajak di Samsat Keliling: Lebih Mudah dan Cepat

Advertisement

22 komentar untuk “Cara, Alur Proses dan Biaya Mutasi Motor Keluar Provinsi”

  1. Mantapp om penjelasannya.ane juga pusing ni 25 mei 2019 ane prpnjng stnk plus ganti plat.niatnya mau cabut berkas om.honda beat thun 2014.mtor domisili jakarta utara ane tinggal di jaksel.mana ktp ane masih luar daerah.mau ane pindah dri jakarta ke brebes jawa tengah.kemaren di tawarin ama leasing ni motor buat cabut berkas.biayanya sma om.kisaran 1.500 ampe 2juta.tpi ane blum omongin lgi ama leasingnya.niatnya mau tak jual aja.pusing mikirinya ribet.mana bulan mei baru mulai krja lgi.blm dpt cuti…ya ngga taulah nnti pusing hahaha.makasih om tips2nya.salam satu aspal.

    1. Kalo cabut berkasnya melalui birojasa kayak cerita sy di atas, selisih biayanya ngga akan jauh berbeda dari yang sy keluarkan Om… Selama cc dan tahun motornya masih di kisaran itu.

      Tapi kalo cabut berkasnya dilakukan sendiri, sy blm punya pengalaman. Jadi ngga bisa kasih estimasi berapa biayanya.

    1. Yang gampang sih datang ke Samsat terdekat. Datangi loket bagian mutasi, tanyakan apakah bisa bantu proses mutasinya atau tidak. Kalo ngga bisa bantu ya harus cari biro jasa dari luar.

      Biasanya biro jasa suka pasang plang di pinggir jalan. Tapi Om Bro harus waspada kalo minta bantuan biro jasa. Cari informasi yang akurat tentang kredibelitas biro jasa tersebut. Pastikan biro jasa yang Om Bro datangi sudah terpercaya.

  2. Saya cabut berkas sndri dtng ke samsat asal biayanya 500 rb untuk mutasi aja bnr ga om soalnya saya langsung ke loket mutasinya tapi kok mahal bngt smpe 500 padahal cek di google cma 200 an

  3. setelah bawa berkas lengkap dari polda selesai lalu dibawa lagi ke samsat brp kira kira total biayanya kalo mengurus sendiri tanpa pakai biro jasa?

    1. Iya kalo pake Birojasa, ngge perlu ke Polda. Biasanya di Samsat ada yang bisa bantu.
      Kalo Om Bro urus semuanya sendiri ya harus ke Polda.
      Kalo saya pertimbangannya: kalo ngurus semua sendiri justru waktu dan ongkosnya ngga efisien.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *