Biaya dan Cara Membuat Smart SIM Online…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ada sih yang mengira bahwa cara membuat Smart SIM Online berbeda dengan cara lama. Padahal pada secara umum masih relatif sama Om… Tidak ada perbedaan yang signifikan pada alur pembuatan Smart SIM baru dibanding model lama.

Yup… Smart SIM alias SIM Pintar telah resmi diluncurkan pada 22 September 2019 lalu.

Smart SIM memiliki beberapa keunggulan dibanding SIM lama.., diantaranya ialah dapat menyimpan data forensik dan bisa difungsikan sebagai uang elektronik.

Betul Om… Nantinya Smart SIM dapat diisi saldo hingga Rp2 juta.

Dengan saldo itu, Om Bro bisa membayar parkir.., membayar tol, bahkan untuk berbelanja.

Smart SIM juga bisa merekam data forensik pengendara… Jadi, pengendara yang melakukan pelanggaran.., dia bakal terekam dalam chip karu SIM dan tercatat di server Korlantas Polri.

Cara Pembuatan Smart SIM Online

Seperti yang sudah Mtb sebutkan di atas.., cara membuat Smart SIM online tidaklah berbeda dengan SIM lama yang saat ini masih berlaku. Justru untuk mendapatkan Smart SIM.., sekarang kita punya pilihan cara pendaftaran yang lebih praktis.., yaitu dengan melakukan registrasi secara online.

Cara online ini diklaim lebih cepat sehingga Om Bro tidak perlu antri lama…

Cara pendaftarannya ialah dengan mengakses laman sim.korlantas.polri.go.id . Disana Om Bro bisa melakukan registrasi.., sekaligus menentukan area Polda.., serta lokasi Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) yang Om Bro pilih untuk proses pembuatannya.

Setelah proses registrasi berhasil.., maka selanjutnya Om Bro akan mendapat nomor registrasi melalui notifikasi ke email Om Bro masing-masing.

Menariknya, untuk mendapatkan Smart SIM.., Om Bro bisa mengajukannya di Satpas mana saja. Tidak harus di Satpas yang sesuai dengan alamat KTP.

Tapi dengan catatan, KTP Om Bro harus sudah KTP Elektronik.

Syarat Perpanjangan SIM Online 2019: Sama dengan Sebelumnya

Bagaimana dengan registrasi langsung di Satpas.., tanpa terlebih dahulu melakukan pendaftaran secara online??

Tetap bisa Om… Om Bro tinggal langsung datang saja ke Satpas terdekat.

Prosedur Pembuatan Smart SIM

Langkah pembuatan SIM di Satpas diawali dari pemeriksaan kesehatan dan psikologi. Di sana Om Bro akan mendapat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter.

Setelah selesai pemeriksaan kesehatan, langkah selanjutnya ialah membuat asuransi… Kemudian, lakukan pembayaran biaya pembuatan Smart SIM melalui Bank BRI atau di loket Satpas. Iya tentu setelah Om Bro mengisi formulir dan mengisi data pribadi ke server pusat pelayanan SIM.

Jangan kuatir Om… Pengisian data ke server, akan dibantu oleh petugas.

Setelah data terisi lengkap, Om Bro akan memasuki tahap ujian teori dan ujian praktek.

Ujian teori akan menguji pengetahuan Om Bro dalam memahami peraturan berlalu lintas.., sementara ujian praktek akan menguji keterampilan Om Bro dalam berkendara.

Jika semuanya sudah lulus.., Om Bro tinggal menunggu SIM Om Bro selesai diproses.

Tips Ujian Praktek SIM C Biar Cepat Lulus

Terus, bagaimana bagi yang masa berlaku SIM lama-nya masih lama??

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri.., menghimbau pada kita untuk menggunakan SIM lama sampai menjelang habis masa aktifnya. (Kompas (29/10/2019)).

Nanti menjelang kadaluarsa, barulah Om Bro perpanjang masa berlaku SIM-nya… Dari situ nanti Om Bro akan mendapatkan Smart SIM.

Biaya Membuat Smart SIM

Di Satpas Daan Mogot Jakarta, biaya pemeriksaan kesehatan dikenakan sebesar Rp25.000. Sementara untuk asuransi, nominal yang harus Om Bro bayarkan adalah Rp30.000.

Secara resmi, biaya pembuatan Smart SIM C baru adalah Rp100.000.., sementara untuk SIM A, biayanya adalah Rp120.000.

Jadi dengan tes kesehatan dan asuransi, biaya pembuatan SIM C adalah Rp155.000.., sedangkan untuk SIM A, totalnya menjadi Rp175.000.

Berikut ini tabel biaya penerbitan SIM yang dapat Mtb ciduk:

Penerbitan SIM Baru
SIM A Rp120.000
SIM A Umum Rp120.000
SIM B1 Rp120.000
SIM B1 Umum Rp120.000
SIM B2 Rp120.000
SIM B2 Umum Rp120.000
SIM C Rp100.000
Perpanjangan SIM
SIM A Rp80.000
SIM B Rp80.000
SIM C Rp75.000
SIM D Rp30.000

Tampilan Fisik Smart SIM

Tampilan Smart SIM berbeda dari SIM lama…

sim c

Kombinasi warna pada Smart SIM adalah sama dengan SIM lama.., yaitu merah-putih. Namun pada Smart SIM, ada tulisan ‘Indonesia’ di bagian atas tampilan depan.

smart sim

Sementara di balik-belakangnya, warna Smart SIM berlatar putih. Berbeda dengan SIM lama yang desain belakang-nya berwarna biru.

Data identitas pemilik Smart SIM dibuat lebih simple, yaitu memuat:

Nama
Tempat dan tanggal lahir
Golongan darah
Jenis kelamin
Alamat
Pekerjaan
Daerah Satpas tempat penerbitan

Di halaman depan ada dua foto pemilik SIM… Satu foto berwarna dan satu foto lagi tidak berwarna di sudut kanan-bawah tampilan depan.

Keterangan tinggi badan dan Agama dihilangkan pada Smart SIM. Sementara golongan darah ditampilkan untuk kepentingan kondisi darurat…

Kondisi darurat yang dimaksud adalah… jika pemilik SIM pada suatu ketika membutuhkan transfusi darah.., misalnya karena kecelakaan yang cukup parah.

Dengan ditampilkannya golongan darah.., maka proses transfusi darah dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat. (Mtb – Syarat pembuatan Smart SIM).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: