Biaya Charge Mobil Listrik Hanya Seperempat Biaya Belanja BBM Mobil Konvensional

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Setiap teknologi baru selalu membutuhkan adaptasi yang tidak sebentar. Termasuk juga dalam teknologi kendaraan electric… tidak semua orang bisa langsung menerima. Masih banyak keraguan yang menghalangi, misale saja dalam hal performa, waktu pengisian baterai hingga biaya charge mobil listrik.

Advertisement

Lah iya… meskipun saat ini telah ada beberapa stasiun pengisian baterai mobil listrik, tapi keberadaannya belum begitu banyak, …sehingga pemilik kendaraan masih lebih mengandalkan charging di rumah masing-masing.

Nah, kembali… bicara perkara biaya charge mobil listrik, saat ini tarifnya masih gratis hingga nanti ada Perpres yang direncanakan akan diresmikan pada awal tahun 2019.

…namun begitu, sebagai gambaran sebenarnya sudah ada ketentuan biaya charge mobil listrik, yaitu Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 28 Tahun 2016 yang menyebutkan bahwa Tarif Tenaga Listrik (TTL) dari PLN untuk SPLU ialah sebesar Rp1.650/kWh. (Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Agus Cahyono Adi – Kompas, 11/12/2018).

Advertisement

Selanjutnya, menurut energuide.be, bahwa mayoritas konsumsi daya mobil listrik ialah 10 kWh untuk jarak 80 km – 100 km., …yang artinya ialah sekira Rp16.500/100 km.

Sekarang kita bandingkan dengan rerata konsumsi mesin mobil konvensional yang umpamanya 10 km/liter, …dengan harga Premium sebesar Rp6.450/liter saja berarti menjadi Rp64.500/100 km.

Nah lho… mahal pisan kan…?? Jauh pisan bedanya kan…??

Bahkan jika konsumsi BBMnya super irit hingga 20 km/liter pun masih habis Rp32.250/100 km. Tetap masih jauh lebih mahal dibanding mobil listrik.

Itu baru perbandingan dengan bensin Premium loh Om… Belum lagi jika dibandingkan dengan Pertalite, Pertamax, bahkan Pertamax Turbo.

So… sudah gamblang bahwa konsumsi daya mobil listrik jauh lebih murah dibanding mobil mesin bakar …secara nominal uang. Sekarang kita tinggal tunggu perkembangan teknologinya… Semoga nantinya waktu charging baterai kendaraan cukup dengan beberapa puluh menit saja. Tidak lagi harus berjam-jam seperti sekarang ini. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *