Biaya Bore Up Mio Soul GT Harian: Segini Habisnya…

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Bukan tips, bukan artikel review lengkap… Kali ini Mtb hanya mau share biaya bore up Mio Soul GT harian milik Uwa (kakaknya ortu) yang kemarin mogok total.

Advertisement

Singkat cerita sih, gegara uwa jorok pisan rawatan motornya. Jauh lebih jorok dibanding Mtb.

Lah iya… Uwa Mtb mah Soul GT lansiran 2012 miliknya itu selalu kering olinya. Entah dari sisi mana bocornya, (Mtb ngga keburu lihat udah dibongkar duluan ama bengkel) tapi yang jelas dia selalu kehabisan oli.

Serius Om… Mtb saja heran. Dan lucunya, pas Mtb tanya, dia sama sekali tidak paham bahwa keringnya oli mesin akan menghancurkan mesin itu sendiri.

Waduhh… Lah iya tentu saja seher koplak, suara mesin laksana suara diesel traktor sawah… kick starter ngeplos lantaran tidak ada kompresi sama sekali.

Kasian bener Uwa… Tapi apa mau di kata,?… bubur sudah menjadi nasi.

Ya sudah… akhirnya Uwa meluncur ke Cahaya Motor, Parungsari, Banjar Atas untuk korter boring (silinder), sekaligus beli piston baru.

Dan didapatlah piston Mio J oversize 75.

Cahaya Motor, Parungsari, Rest Area Banjar Atas

Nah, disini masalah lagi… Pas Mtb nyusul Uwa ke Cahaya Motor, Mtb pertanyakan ukuran korternya ke Uwa, kenapa musti oversize 75…??

Eehh… itu Uwa malah celingukan kebingungan…

Kemudian Mtb telusuri, ternyata tahun 2017 lalu, Soul GT 2012 punya Uwa ini juga sudah oversize.

Jadi saking joroknya Uwa, ini motor baru setahun sudah rontok lagi. Sama sekali dia tidak berinisiatif mencari dan memperbaiki dimana lokasi kebocoran oli terjadi.

Lah pokoknya ancur deh. Dasar orang tua yang ngga paham lah ya…

Nah, masalahnya, sebelum ini Soul GT Uwa kan baru oversize 25… Jadi mustinya kali ini Uwa oversize 50. Bukan malah langsung loncat ke 75.

Advertisement

Walah… wkwkwwk… pokoknya kacau lah udah.

Tapi ya sudah… apa mau di kata. Kan di atas tadi Mtb sudah katakan bahwa bubur sudah menjadi nasi…

Sebelumnya Mtb mengira kalau motor uwa sudah Diasil silinder yang konon termasuk motor yang tidak bisa di oversize. Tapi kata Wa Otong (mekanik yang menanganinya) motor Uwa masih pakai silinder baja. Belum diasil…. So, bisa dilakukan bore up Mio GT injeksi tersebut.

Mtb sendiri sudah lupa sih ya… dari kapan Yamaha mulai menggunakan Diasil silinder & forged piston.

Yang jelas sih sejak sebelum Mtb menulis blog ini… jadi Mtb tidak begitu paham kapan awalnya…

Yo wis… langsung menuju judul, segini dana yang Uwa keluarkan untuk menghidupkan kembali mesin motornya, Yamaha Soul GT 2012:

  • Piston set Mio J oversize 75 Rp207.500
  • Jasa korter Rp25.000
  • Oli mesin Rp32.000
  • Busi Rp18.000
  • Jasa servis besar (termasuk skir klep) Rp70.000

Total Rp352.500

Proses pengerjaan dilakukan di Bengkel Otong, Lemahneundeut, Sukajaya, Tanjung Jaya, Cisaga, Ciamis. Sementara ke Cahaya Motor Banjar Patroman hanya untuk proses korter sekaligus membeli piston set saja.

Bengkel Otong, Jalan Raya Rancah, Blok Lemahneundeut

Pamungkasnya, isi tulisan ini bukan dalam maksud bore up Mio Soul GT harian untuk dengan sengaja mendongkrak performa motor… tapi lebih pada servis besar gegara mesin si motor telah rusak parah. (Mtb – Biaya Bore up Mio Soul Gt Harian).

Ukuran Maksimal Ban New Soul GT125 serta keuntungan dan kerugiannya

Biaya Servis Besar Motor Matic Yamaha Mio Karbu

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *