Berapa Kilometer Ganti Oli Mobil…?? Sama dengan Waktu Service Om…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Berbeda dengan motor, kilometer ganti oli mobil jauh lebih panjang. Begitu pun dengan waktu servisnya.

Bener pisan Om…!! Jika anjuran servis motor entry level Honda berada pada jarak (setiap) 4.000 km dan Yamaha entry level pada 3.000 km, namun tidak sependek itu untuk mobil. …khususnya mobil-mobil dari pabrikan Toyota.

…karena menurut Didi Ahadi, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, sevis dan ganti oli mesin mobil sebaiknya dilakukan setiap interval 10 km jarak tempuh. (Viva, 2/1/2019).

Namun demikian, Didi juga menyarankan untuk melakukan servis dan mengganti oli jika telah 6 bulan digunakan pada jalanan macet (meskipun belum mencapai 10 km). Jadi kesimpulannya, disesuaikan antara jarak tempuh dan rata-rata situasi lalu lintas yang Om Bro lewati setiap harinya.

Selanjutnya selain hanya melakukan servis dan ganti oli secara teratur, perawatan sederhana pun perlu dilakukan sendiri dirumah, misale mencuci mobil, memeriksa kondisi mesin dan kaki-kaki, memeriksa kondisi dan volume oli mesin, periksa air radiator, juga periksa minyak rem dan komponen rem. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: