honda genio 2019

Begini Proses Pembuatan Rangka Honda Genio 2019

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Rangka Honda Genio 2019 diklaim berbeda dibanding skutik-skutik Honda yang lain. Dan memang beda Om… Mtb sudah pernah membahasnya pada tulisan yang lalu saat Mtb mereview motor tersebut di dealer Netral Motor Banjar, Jawa Barat.

Advertisement

Menariknya, perbedaan rangka motor Honda Genio bukan hanya pada hasil akhirnya saja Om… Tapi juga sudah berbeda sejak proses produksinya.

Yup… Honda Genio merupakan salah satu produk skutik terbaru dari PT Astra Honda Motor (AHM) untuk pasar Indonesia. Dia mengusung pembeda di hampir semua sektor, utamanya pada bagian rangka dan mesin.

Honda Genio menggunakan rangka baru yang oleh AHM diberi judul enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Rangka tersebut dibuat di pabrik Honda di Kawasan MM2100 Cikarang, Jawa Barat dengan teknologi dan metode yang berbeda dibanding motor-motor lain…

rangka esaf honda genio 2019

Teknologi dan metode pembuatan rangka yang diklaim menjadi yang pertama di dunia persilatan roda dua…

Iya Om… Pada umumnya, pembuatan frame motor dirangkai dari potongan-potongan besi pipa… Sedangkan frame Honda Genio tidak demikian…

Rangka Honda Genio dibuat dari lembaran plat besi yang kemudian di press dan di welding (di las) menggunakan alat las laser. Karenanya, proses penyatuan besi pada rangka Honda Genio lebih baik secara kualitas, karena alat las laser menghasilkan hasil yang minim deformasi. (Dodi Sutriadi, GM Plant PT Astra Honda Motor (AHM) Cikarang – DetikOto, 10/9/2019).

Ada 6 sisi frame sebelum disatukan… Yang setelah disatukan, jadilah rangkaian frame eSAF Honda Genio…

Selain rangka, tangki Honda Genio pun dibuat dari bahan yang sama… Yang mana hasilnya lebih baik dengan pengelasan laser…

Kemudian untuk komponen lain selain rangka dan mesin, yang disuplai dari vendor lokal, AHM pun telah memastikan kualitasnya sebelum dipasang pada motor oleh para pekerja pabrik.

Advertisement

Selain rangka baru, Honda Genio juga menggunakan mesin baru yang diklaim lebih responsif dalam berakselerasi.

Yup… Genio dikatakan menggunakan mesin generasi terbaru dari teknologi enhanced Smart Power (eSP) SOHC PGM-FI milik Honda. Kapasitas silindernya 109,5cc… Sedikit lebih besar dibanding Beat Series, Scoopy dan Vario 110 yang kapasitas murninya hanya 108,2cc saja.

Selain itu, langkah piston Genio juga lebih panjang dibanding ketiga saudaranya tersebut… Yang artinya, secara torsi, Genio jadi lebih mumpuni.

Di atas kertas, Genio punya power maksimum sebesar 6,6 kW/7.500 rpm. Sementara torsi puncaknya ialah 9,3 Nm/5.500 rpm.

Akselerasi Genio diklaim cepat… Yaitu 12,4 detik untuk jarak 0-200 meter… Sementara top speed-nya berada di angka 94 km/jam.

Genio diproduksi di pabrik AHM Cikarang bersama saudara-saudara skutik value maker lainnya, yaitu Beat Series, Vario Series dan Scoopy.

Genio brojol ke dunia persilatan roda dua tanah air pada bulan Juli 2019 lalu… Masih sangat muda Om… Jadi belum tampak secara gamblang akan seperti apa performa pasarnya. Tapi pun begitu, dia sudah diberi jatah produksi sebesar 500.000 unit pertahun. Itu artinya, AHM optimis pisan bahwa Genio bakal laris manis di pasaran.

Bicara perkara pabrik AHM, pabrik Cikarang merupakan penyuplai terbesar dibanding dua pabrik lainnya yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara dan di Karawang, Jawa Barat.

Pabrik AHM Cikarang berfokus pada produksi skutik-skutik Honda value maker… Yaitu Beat Series, Vario Series, Scoopy dan Genio. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *