Begini Perbedaan Velg Motor untuk Ban Tubeless dan yang Bukan

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ada ciri mendasar dari velg motor untuk ban tubeless dan velg racing biasa… Bahwa meskipun keduanya sama-sama model palang,, tapi tidak semuanya diperuntukkan bagi ban tipe tubeless…

Advertisement

Yup… Berbeda dengan jaman old, dimana kebanyakan velg roda motor masih model jari-jari dan velg palang masih menjadi fitur mahal… Sekarang keadaan telah berbalik. Betul Om… Dijaman now, velg palang alias velg racing justru sudah menjadi standar pabrikan. Sedangkan penggunaan velg jari-jari sudah amat jarang… Jika pun ada, penggunaan velg jari alias spoke wheel alias tipe SW diberikan hanya sebagai pilihan hemat pada motor-motor entry-level… Kecuali motor-motor jenis full-off road yang memang harus menggunakan ban model ban dalam.

Selain model velg-nya yang tipe palang alias cast wheel alias CW alias velg racing, jenis ban yang digunakan dari pabrikan si motor pun sekarang sudah dominan tubeless. Sementara pilihan ban tube tipe sudah jarang… Adanya hanya pada beberapa tipe motor entry-level saja dan beberapa model motor trail.

Tapi pun begitu, masih ada beberapa model motor ber-velg CW yang dari pabrikannya masih dibekali dengan ban biasa yang menggunakan ban dalam.

Kemudian,, berdasarkan informasi dari berbagai sumber dan berdasarkan pada pengalaman Mtb sendiri, penggunaan ban tubeless pada kebanyakan motor jaman now bukanlah tanpa alasan. Alasannya ialah karena ban tubeless memiliki segudang kelebihan dibanding ban biasa…

Betul Om… Ban tubeless cenderung lebih stabil saat digunakan pada kecepatan tinggi. Selain itu, ban tubeless juga lebih tahan terhadap kebocoran dan lebih mudah ditambal pada saat terjadi kebocoran…

Nah, karena kelebihan-kelebihan tersebut, banyak dari sebagian orang yang motornya tidak menggunakan ban tubeless dari pabriknya, kemudian diganti menggunakan ban tubeless. Mereka beranggapan bahwa asal velg palang, pasti bisa digunakan untuk ban tubeless. Padahal aslinya tidak demikian Om…

Advertisement

Iya Om… Velg racing untuk ban tubeless punya kode tersendiri. Umumnya ada huruf ‘MT’ pada kode velgnya, atau bahkan ada tulisan jelas yang berbunyi ‘For Tubeless’.

Terus, apa detail bedanya velg palang biasa dengan velg khusus ban tubeless??

Bedanya ialah pada tingkat presisinya Om… Velg yang diperuntukkan bagi ban tubeless, tingkat presisi-nya lebih tinggi. Karena jika tidak presisi, ban akan mudah berkurang tekanan anginnya akibat kebocoran pada sela-sela antara velg dan ban. Jadi, meskipun Om Bro menggunakan ban tubeless berkualitas tinggi, potensi kempes ban tetap ada jika velgnya tidak presisi.

Terus, berarti kalau velg yang tidak ada ‘kode tubeless’-nya lantas tidak bisa di pasangi ban tubeless??

Belum tentu juga Om… Motor Mtb saja velg bawaan pabrikan bukan untuk ban tubeless,, tapi nyatanya sudah 6 tahun ini Mtb pakai ban tubeless dan sejauh ini baik-baik saja… Jadi kesimpulannya, kalau tidak ada kode khusus tubeless,, itu velg belum tentu cocok untuk ban tubeless. Tapi tetap ada kemungkinan cocok.

Sementara bagi velg yang ada kode tubeless-nya,, dapat dipastikan bahwa velg tersebut cocok untuk ban tubeless.

Selanjutnya membahas perkara ban tube tipe alias ban yang pakai ban dalam alias ban biasa, sampai sekarang pabrikan masih tetap menggunakannya. Meskipun secara mayoritas sudah menggunakan ban tubeless.

Bagi konsumennya sendiri, tetap ada orang yang lebih suka ban biasa ketimbang ban tubeless. Alasannya karena ban biasa lebih kuat untuk mengangkut beban berat, lebih tahan pada kondisi kurang angin dan harganya lebih murah dibanding ban tubeless,, meskipun selisih harganya tidak begitu jauh. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *