Begini Nih Cara Kerja Keyless Motor Ninja 250 FI Terbaru

Motorisblog.com – Om Bro…!! Pada pembukaan IMOS, 31 Oktober 2018 lalu, PT KMI secara resmi telah memperkenalkan fitur Smart Key pada Kawasaki Ninja 250. Penyematan fitur ini menjadikannya sebagai yang pertama di kelas sport fairing 250cc. Nah, salah satu pembaca ada yang penasaran dan menanyakannya pada Mtb, gimana sih cara kerja Keyless motor tersebut?

Om Bro…!! Fitur Smart Key hingga saat ini masih menjadi sistem keamanan tertinggi pada motor. Terbukti telah beberapa kali viral kasus pencurian motor yang gagal, bahkan si maling akhirnya menyerah lantaran tidak bisa menghidupkan mesin motor yang telah di curinya.

Pada Ninja 250 FI, Kawasaki menamakan fitur keyless ini dengan sebutan KIPASS. Bukan kipas angin elektrik atau pun kipas tukang sate, tapi merupakan kependekan dari Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System.keyless kawasaki ninja 250

Nah, kembali lagi pertanyaannya, bagaimanakah cara kerja Keyless motor Ninja itu??

Jadi begini…

…untuk dapat mengaktifkan saklar kunci kontak Ninja 250 FI terbaru itu, Om Bro harus menggunakan FOB Key yang terintegrasi immobilizer dari Kawasaki. Atau dalam bahasa sederhananya, pakai remote.

Jadi dapat dipastikan, untuk Ninja 250 FI Keyless, terdapat setidaknya dua ECU, yaitu ECU FI biasa (ECU mesin), dan ECU Smart Key. Malahan untuk varian rem ABS, tentu ECU-nya jadi ada tiga, termasuk ECU ABS itu sendiri. (Silahkan di koreksi jika salah).ninja 250 keyless

Sebagai informasi, sistem KIPASS ini sebelumnya telah di aplikasikan pula pada Kawasaki 1400GTR (Concours 14)… Jadi istilahnya ini teknologi turunan dari kelas motor Kawasaki yang lebih tinggi ke level yang lebih rendah.

kawasaki concours 1400gtr
Kawasaki Concours 1400GTR

Kemudian perkara cara kerjanya, ECU KIPASS akan memancarkan suatu gelombang frekuensi radio secara terus-menerus, bahkan meskipun motor dalam keadaan mati dan terkunci. Nah, gelombang radio inilah yang kemudian akan menangkap sinyal ketika Keyfob mendekat.

Konon, sistem KIPASS menggunakan gelombang dengan 6 variabel signatur.

Ketika Keyfob mendekat, ECU KIPASS akan membaca kodenya, apakah akur atau tidak… Jika sama, barulah kedua perangkat akan sinkron dan saklar kontak dapat diputar ke posisi ON.

Nah, Om Bro… Seperti itu kira-kira gambarannya…

Dan jika melihat dari gambaran tersebut, maka sudah jelas bahwa maling motor kelas biasa tidak akan pernah bisa menghidupkan mesin saat melakukan aksinya.

Kenapa??

Iya… karena cara menghidupkannya menggunakan sistem komputer… maka untuk membobol sistem keyless, jelas si maling harus memiliki keahlian meretas setingkat hacker. Lah sementara jika seseorang memiliki keahlian meretas, Mtb kira, ngapain jadi maling motor?? Udah aja nyolong dari dunia online… di internet. Betul…??

Nah, dari semua asumsi-asumsi Mtb tersebut, maka Mtb berani memprediksikan bahwa sistem keyless seperti ini sangat efektif dan akan bertahan lama… bahkan cenderung akan terus di tingkatkan enkripsinya supaya tingkat keamanannya semakin tinggi.

Kembali ke KIPASS…

Belum ada informasi yang Mtb dapat perkara daya tahan baterai Keyfob pada Ninja 250 FI Keyless,…, namun untuk Concours 14 (1400GTR), Kawasaki mengklaim bahwa daya tahan baterainya bisa mencapai 5 tahun. Tapi pun begitu, sumber lain menyarankan untuk jangan terus-menerus menyimpan Keyfob yang aktif secara berdekatan dengan motor (dekat dengan ECU Keyless) karena dikhawatirkan akan memperpendek usia baterai.

Pamungkas…

Meskipun dalam artikel ini bahasannya terfokus pada Ninja 250 FI, tapi secara garis besar kira-kira begitulah cara kerja Keyless motor pada motor apa pun. Jadi walau berbeda-beda penamaan sistemnya, pada dasarnya sama saja, yaitu sistem enkripsi kode pada kunci kontak motor. Hokeh… Sekian, semoga bermanfaat. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: