Begini Cara Merawat Wiper Mobil Agar Awet

Motorisblog.com – Om Bro…!! Demi menjaga kinerjanya tetap optimal, kita perlu tahu akan cara merawat wiper mobil agar awet. Dan ternyata mudah Om… Simple…

Yup… Menurut anjuran dari web resmi Nissan Motor Indonesia (NMI), sebenarnya perawatan wiper mobil tidaklah sulit. Om Bro hanya harus rajin membersihkannya saja sekira dua kali dalam seminggu. Caranya ialah dengan mencucinya menggunakan shampoo mobil, untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada bilah wiper. Dengan begitu maka wiper akan tetap mampu menyapu air secara optimal, serta menghindarkan kaca dari timbulnya baret-baret halus.

Kemudian dalam hal penggunaan bahan pembersih, di atas sudah Mtb sebutkan bahwa sarannya adalah menggunakan shampoo mobil. Jadi janganlah Om Bro menggunakan cairan multiguna atau pun semir ban.

wiper kaca mobil

Jika ada yang menggunakan, maksudnya sih mungkin baik. Yakni untuk menjaga kelembaban karet wiper. Namun akibatnya justru bisa mengurangi kinerja karet wiper saat diaktifkan / digunakan pada hujan.

Terus juga hindari mengangkat tangkai wiper saat mobil diparkir pada cuaca panas. Lagi-lagi, maksudnya sih baik… Yaitu supaya karet wiper tidak terpapar panas dari kaca mobil. Namun yang mesti kita ketahui adalah bahwa karet wiper telah dirancang untuk tahan terhadap panas dari kaca mobil.

Sebaliknya, mengangkat batang wiper justru akan membuat pegas (per) pada batang wiper menjadi melar dan lemah. Dan jika hal itu sering dilakukan, maka lama-kelamaan tekanan bilah wiper pada kaca mobil akan melemah. Akhirnya kinerja wiper akan tidak lagi maksimal saat menyeka air hujan di kaca mobil.

Selain itu, menegakkan batang wiper saat parkir juga akan membuat titik beban bertumpu pada engsel. Engsel akan menerima tekanan ke arah yang tidak seharusnya. Resiko jangka panjangnya dinamo (motor penggerak) wiper akan bermasalah.

So… Jika Om Bro ingin agar karet wiper tidak menempel di kaca pada cuaca panas, ada solusi lain. Om Bro bisa membeli batang penyangga wiper yang biasa dijual di toko-toko aksesoris mobil.

Om Bro…!! Wiper merupakan peranti penting pada mobil. Tanpa wiper, Om Bro bakal kerepotan melihat jalanan saat berkendara dibawah hujan. Pandangan mata tidak akan jernih tanpa alat penyeka air yang satu ini… Karenanya, merawat dan memperhatikan kondisi wiper sangatlah penting rasanya. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: