Ban Vulkanisir Wajib SNI?? Begini Alasannya…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Saat ini Kementrian Perindustrian (Kemenperin) tengah menyusun aturan ban vulkanisir wajib SNI. Iya Om… Kemenperin akan mengatur standar proses produksi yang baik bagi industri vulkanisir ban.

Munculnya rencana tersebut karena Kemenperin merasa perlu menjaga kelangsungan industri ban vulkanisir, sekaligus memastikan bahwa produk tersebut aman bagi konsumen. (Ngakan Timur Antara, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin – DetikOto, 30/9/2019).

Sebenarnya selama ini pun Standar Nasional Indonesia (SNI) pada vulkanisir ban sudah diterapkan. Namun sejauh ini penerapannya masih bersifat sukarela.

Nah, nantinya mah akan diwajibkan Om…

Perlunya mempertahankan keberadaan industri ban vulkanisir itu sendiri ialah lantaran sebagian besar pelaku industri vulkanisir ban ialah kalangan industri kecil dan menengah (IKM). Sehingga jika sekonyong-konyong keberadaan ban vulkanisir dilarang dengan alasan mutu produk, dikhawatirkan hal itu akan berimbas pada perekonomian sebagian rakyat.

So,, langkah yang tepat memang bukan melarangnya, tetapi mengaturnya.

Selain itu, pada dasarnya memang masih banyak kalangan yang membutuhkan ban vulkanisir. Beberapa di antaranya digunakan pada kendaraan komersial, misale mobil penumpang, bus dan truk.

Alasannya jelas karena harga yang lebih murah…

Artinya potensi bisnis vulkanisir ban memang cukup bagus, maka perlu kiranya dijaga dan di atur keberadaannya… Diperhatikan Quality Control-nya, hingga kesehatan dalam proses produksi dan keselamatan penggunanya…

Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) pada ban vulkanisir menjadi bagian dari Program Nasional Regulasi Teknis (PNRT) 2018-2019. Program ini menyatakan SNI 3768-2013 untuk vulkanisir ban mobil penumpang dan komersial termasuk salah satu dari 57 SNI yang akan diberlakukan secara wajib. SNI ini berisi SNI 0098:2012 (ban mobil penumpang), SNI 0099:2012 (ban truk dan bus), SNI 0100:2012 (ban truk ringan) dan SNI 0101:2012 (ban sepeda motor). (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: