Bahaya Tidur di Mobil AC Menyala, dari Keracunan Hingga Kematian

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jangan terkecoh… Sepertinya memang nyaman, tapi ternyata amat bahaya tidur di mobil AC menyala. Bukan main-main… Resikonya bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Iya Om… Belum lama ini ada berita ditemukannya satu keluarga yang tidak sadarkan diri di dalam Toyota Innova di Salo, Riau. Bukan hanya pingsan, salah satu dari tiga orang tersebut bahkan tewas dengan busa dari mulut. (Viva, 9/5/2019).

Dan ternyata Om, saat korban ditemukan, itu kondisi mesin mobil masih hidup. (Kasubag Humas Polres Kempar, Iptu Deni Yusra – Viva, 9/5/2019).

Nah Om… Sekarang pertanyaannya, “Apa yang membuat korban pingsan, bahkan meninggal??”

Jadi begini Om… Ketika mobil terparkir dengan mesin menyala, itu gas buang (karbondioksida) dari knalpot dapat masuk ke dalam kabin melalui sela-sela bodi. Dari situlah dimulainya keracunan.

Bahayanya adalah, karena orang yang terpapar gas CO2 biasanya tidak akan langsung merasa seperti keracunan. Awalnya ia akan merasa ngantuk, sehingga ia akan mengiranya sebagai kantuk biasa akibat kelelahan. Maka dari situ ia bisa tertidur, lantas pingsan, hingga dapat terjadi kematian. (Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi – Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi – Viva, 9/5/2019).

Jadi Om… Jika memang karena sesuatu hal, lantas Om Bro harus beristirahat di dalam mobil, maka sebaiknya mesin dan AC dimatikan. Jika pun terpaksa harus menyalakan mesin, maka buka sedikit bagian kaca jendela. Maksudnya supaya ada sirkulasi udara, sehingga gas buang tidak terperangkap di dalam kabin.

mengantuk tidur di mobil

Jika mengantuk dan harus tidur, matikan mesin dan buka jendela, supaya sikulasi udara bagus…

Memang ya konsekuensinya hawa kabin panas… Tapi setidaknya tidak beresiko keracunan yang dapat mengakibatkan kematian. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: