Aturan Motor Masuk Tol Malaysia: Batasan Lajur dan Kecepatan

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jangan kaget ketika Om Bro membaca judul motor masuk tol Malaysia,, karena di negeri jiran sana roda dua memang boleh masuk jalan bebas hambatan. Berbeda dengan Indonesia dimana hal itu tidak diperbolehkan.

Yup… Di Indonesia sendiri pernah ada wacana bahwa sepeda motor akan dibuatkan lajur khusus untuk kendaraan roda dua. Namun hingga saat ini (jika tidak salah) implementasinya baru ada di jalur penyeberangan Surabaya – Madura (Suramadu) dan Bali Mandara saja. Belum ada penerapan di jalur tol yang lain…

Berbeda dengan Indonesia, di Malaysia pengendara motor boleh melintas di jalan tol. Hanya saja saat ini Pemerintah Malaysia tengah menggodok suatu aturan tambahan demi meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara roda dua.

motor masuk jalan tol malaysia

Betul Om… Menurut media Paultan, saat ini Baru Bian (Menteri Pekerjaan Umum Malaysia) tengah merencanakan sebuah aturan baru yang akan melarang pemotor melintas pada lajur paling kiri di jalan tol di hari kerja dan jam sibuk.

Tak hanya pembatasan lajur saja, kecepatannya pun dibatasi hingga maksimal 70 km/jam.

Aturan tersebut diwacanakan lantaran saat ini angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pemotor di Malaysia telah cukup memprihatinkan. Betul Om… Menurut berita yang Mtb ciduk, laporan statistik kecelakaan pemotor pada jam sibuk di Malaysia telah mencapai jumlah lebih dari 4.000 kecelakaan setiap tahunnya. Baik itu kecelakaan fatal atau pun korban cedera. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: