Asuransi Mobil Kena Banjir: Begini Syarat dan Ketentuannya

Motorisblog.com – Om Bro! Kala musim hujan tiba dan curah hujan mulai tinggi, asuransi mobil kena banjir menjadi salah satu hal penting yang harus Om Bro sekalian ketahui detailnya. Utamanya pada bagian syarat dan ketentuan agar proses klaim dapat berjalan mulus.

Betul Om. Banyak nasabah asuransi mobil yang tidak menyadari dan tidak membaca secara lengkap untuk memahami polis asuransi yang ia miliki. Sebagian dari mereka menganggap bahwa asuransi jenis comperhensive alias all risk sudah pasti menjamin resiko mobil yang terendam banjir.

Padahal tidak selalu seperti itu.

Yup. Jaminan kerusakan mobil akibat banjir statusnya adalah perluasan jaminan. Artinya jaminan tambahan yang secara dasar tidak ada dalam jaminan asuransi all risk alias asuransi tipe comperhensive.

Jadi untuk mendapat jaminan perlindungan terhadap kebanjiran, maka dalam polis asuransi yang Om Bro miliki harus ada klausul tambahan yang bersifat khusus.

Perluasan Jaminan Asuransi Mobil Kena Banjir

Beberapa jaminan yang membutuhkan klausul tambahan, antara lain:

  • Jaminan terhadap bencana alam (termasuk banjir)
  • Perlindungan terhadap kerugian akibat serangan teroris
  • Perlindungan terhadap kerugian akibat huru-hara
  • Jaminan kecelakaan diri

Dan lain-lain.

Artinya secara umum, poin-poin tersebut adalah resiko yang tidak ada dalam jaminan asuransi secara dasar. Jadi supaya resiko-resiko tersebut tercover asuransi, Om Bro harus mengajukan perluasan jaminan.

Besaran Premi Perluasan Jaminan Bencana Alam

Pada umumnya premi untuk perluasan jaminan asuransi bencana alam adalah sekira 0.13% hingga 0.3% dari harga kendaraan (tergantung jenis jaminannya). (Laurentinus Iwan Pranoto, Marcomm & PR Head PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto) – Kompas (1/1/2020)).

Cara Klaim Asuransi Mobil Kena Banjir

Jika polis asuransi perlindungan kendaraan sudah mencakup klausul banjir, cara mengurus klaimnya mudah. Sama dengan cara klaim jaminan yang lain, yaitu dengan menelepon perusahaan asuransi untuk meminta petugas mengangkut mobil ke bengkel.

Setelah itu petugas akan menanyakan nomor polis asuransi dan segera memproses klaim.

Untuk lebih mempermudah proses klaim, siapkan fotokopi STNK dan KTP atau SIM sejak awal, meskipun kelengkapan berkas tersebut bisa menyusul setelah mobil sampai ke bengkel.

Untuk selanjutnya petugas bengkel akan melakukan pemeriksaan terhadap mobil Om Bro dan ia akan menjelaskan komponen apa saja yang harus mendapat penggantian.

Alternatif lainnya untuk memberikan kelengkapan berkas, Om Bro dapat mengirimkan data via e-mail atau fax.

Hal yang Menggugurkan Garansi Banjir

Meskipun Om Bro telah memiliki perluasan jaminan asuransi mobil kena banjir, namun tetap ada beberapa hal yang bisa menggugurkan jaminan. Misale saja jika Om Bro memaksa menerobos banjir atau berkendara tanpa surat-surat resmi.

Nah Om. Itulah pentingnya membaca dan memahami isi polis asuransi, yaitu supaya Om Bro tidak mengalami kesulitan jika sewaktu-waktu akan mengajukan klaim. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *