Mengintip Tampang Astrea Star Original 1989 (Tidak 100%)

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Bagi penggemar motor bebek retro, melihat Honda Astrea Star original mungkin akan menyenangkan. Malahan Mtb yang bukan pehobi motor retro pun melihatnya cukup membuat kenangan melayang jauh ke belakang, …ke jaman old saat Mtb masih seorang bocah kecil pisan.

Advertisement

Yup… motor yang juga disebut Astrea Star 86 karena kode produknya yang menggunakan seri C86 ini memang memiliki desain dan detail yang sama sekali berbeda dengan motor-motor bebek jaman now.

Motor yang Mtb intip kali ini ialah Astrea Star ori standar yang meskipun tidak 100% asli, tapi secara tampang tidaklah berubah. ,…kecuali minus beberapa detail yang Mtb kira karena part aslinya telah rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Astrea Star adalah generasi awal dari Astrea Prima yang merupakan lanjutan dari Astrea 800… ,yang jika dibanding vs Astrea Prima maka Star kalah kubikasi mesin, sementara vs Astrea 800, Star sudah lebih maju berkat aplikasi transmisi 4 percepatan.

Lah iya,… Astrea 800 hanya 3 gigi saja…

Lantas, berapa cc sih Astrea Star…??

Nah, ini… asli dulu-dulu Mtb pernah mengira bahwa motor cub berkode C86 Club ini ialah bebek klasik bermesin 97cc selaiknya Astrea Grand. Sampai kemudian Mtb tahu bahwa bebek classic ini ternyata bermesin kecil, …yakni hanya 80-an cc.

Itu pun Mtb tidak yakin dengan angka pastinya, soale di STNK tertulis 80cc, tapi menilik kodenya, C86, Mtb kira kapasitas mesinnya ialah 86cc.

Selain dari kode tersebut, Mtb juga menciduk informasi lain yang menyebutkan bahwa kapasitas silinder Astrea Star adalah 85,8cc.

Entah yang mana yang benar, Mtb tidak bisa katakan dengan pasti lantaran sumber informasinya yang sudah amat langka… ,namun Mtb lebih cenderung pada angka 85,8cc.

Review Desain dan Detail Astrea Star Original 1989

Desain

Perkara ini sudah tidak perlu dibahas panjang lebar lagi. Om Bro pasti paham akan model retro serba datar dari jajaran bebek Honda di jaman old. ,…dari bebek 70 hingga Astrea Grand, Impressa dan Legenda.

Suspensi Depan

Nah ini yang unik pisan Om… Astrea star adalah generasi terakhir motor bebek Honda yang menggunakan suspensi depan model lengan ayun. Mtb ngga paham deh apa nama mekanisnya, yang jelas di kampung Mtb, orang-orang meyebutnya dengan istilah “halu-halu”.

Yup… dengan model suspensi seperti itu, Astrea Star akan memdongak ke atas ketika Om Bro menekan handle rem depan. Berbeda dengan suspensi di jaman now yang akan membawa motor jadi menunduk jika Om Bro tekan handle rem depan secara ekstrim.

Mika & Reflektor Lampu

Dijaman now, semua motor menggunakan mika bening polos dengan reflektor yang dinamis. Berbeda dengan jaman old dimana motor-motor menggunakan reflektor polos dengan mika buram dinamis.

Jadi berlawanan ya Om… Jaman old rekayasanya di mika, sedangkan jaman now rekayasanya dilakukan pada reflektor.

Kemudian Om Bro perhatikan deh… Pada motor-motor jadul, desain lampu utama hanya memiliki dua model, yakni bulat dan kotak. Tidak seperti jaman now dimana model-model lampu motor sudah amat banyak macamnya, …semakin sporty dan atraktif.

Rem Depan Tromol

Di jaman old, rem depan tromol masih cukup mumpuni. Berbeda dengan jaman now dimana lalu lintas telah amat padat, performa motor sudah tinggi, maka sektor keamanan pun dengan sendirinya menjadi wajib rem cakram pada roda depan.

Bahkan pada motor-motor yang relatif kencang, roda belakang pun telah dilengkapi disc brake. Malahan lagi sudah banyak teknologi-teknologi baru semisal rem CBS dan ABS.

Motor Jepang

Om Bro perhatikan pada blok mesin sebelah kiri Astrea Star ada tulisan Made in Japan. Lah iya… Kala itu motor-motor yang beredar di Indonesia masih impor CKD dari Jepang. Pabrikan Indonesia hanya merakitnya saja.

Advertisement

Penutup Rantai

Sayang sekali pada unit milik PDAM Banjar yang ditunggangi oleh Om Feri ini, penutup rantai dan knalpotnya sudah bukan original lagi. Mungkin karena faktor usia sehingga part-part tersebut sudah rusak parah dan tidak dapat lagi digunakan.

Pada versi aslinya, Astrea Star menggunakan penutup rantai yang rapat seperti generasi-generasi Astrea lainnya.

Honda Astrea Impressa 2001

Di kampung Mtb, penutup rantai model full itu disebut dengan nama “stengkas”.

Suspensi Belakang

Kalau dilihat visualnya, sepertinya shockbreaker Astrea Star tunggangan Om Fery ini masih origial. Atau jika pun tidak, setidaknya si pemilik menggantinya menggunakan part serupa ori.

Lihat saja Om… Shockbreaker motor bebek jaman old beda pisan dibanding jaman now.

Pada generasi tersebut, shock belakang Astrea Series menggunakan shock full cover sehingga ulir per tidak tampak dari luar.

Emblem CDI

Ketika itu masih dalam masa transisi teknologi platina menuju CDI, …sehingga motor-motor yang menggunakan CDI terkesan istimewa.

Kunci Kontak

Lihatlah perbedaannya Om… Dijaman old, Astrea Series menempatkan kunci kontak di area stang sebelah kanan. Berbeda dengan motor jaman now yang menempatkan lubang kunci kontak di area bawah leher, …dimana area tersebut sudah masuk wilayah bodi motor.

Saklar-saklar

Buat Om Bro yang lahir pada dekade 1990-an hingga dekade 2000-an, melihat saklar-saklar motor Astrea Star bakal tampak asing.

Yup… lihat tombol starter yang mengkotak lebar pipih berwarna merah., saklar on-off lampu utama, juga saklar sein model geser datar biasa yang kadang sulit di pas-kan ke posisi tengah.

Footstep Boncenger

Lihat Om… footstep belakang nempelnya pada arm. Bisa kebayang kan, …gimana boncenger kakinya kesemutan lantaran terkena guncangan dari jalanan seiring pergerakan suspensi dan roda belakang.

Tapi itu dulu… dikala sepeda motor benar-benar hanya menjadi alat transportasi jarak dekat. Belum ada jaman touring jarak jauh seperti sekarang.

Pajak Murah Pisan

Mtb intip STNK-nya. Busseeettt…!! Murah pisan. Pajaknya cuma Rp42.000, …ditambah Asuransi Jasa Raharja (SWDKLLJ) Rp35.000, jadi totalnya cuma Rp77.000 tok doang.

Murah ya Om…??

Iya tapi di tahun 1989 mah duit Rp42 ribu juga kan gede Om… Betul…??

Eehh… sayangnya, salah pisan Mtb ambil foto STNK-nya. Malah bagian pajaknya ngga keambil gambar.

Spesifikasi Honda Astrea Star Original 1989

Om Bro…!! Mtb sendiri tidak yakin sepenuhnya akan validitas data spesifikasi ini, mengingat sumbernya yang sangat jarang. Maklum motor jaman old, …jaman dimana bulum ada internet bebas yang menyebarkan informasi secara cepat seperti sekarang ini.

Tapi jika pun datanya tidak 100% akurat, Mtb masih berani katakan bahwa data-data berikut ini sangat mendekati akurat.

  • Tipe Mesin: 4 tak, 1 silinder, SOHC, pendingin udara
  • Bore × Stroke: 47 x 49.5 mm
  • Volume Silinder: 85.8cc
  • Rasio kompresi: 9.4:1
  • Kopling: Otomatis, Basah, Multiplat
  • Susunan Silinder: Satu, Mendatar
  • Gigi Transmisi: 4 percepatan
  • Pola pengoperasian gigi: N-1-2-3-4-N
  • Karburator: Keihin 16mm x1
  • Baterai: 12V-4AH
  • Busi: NGK C7HSA / ND U22FS-U
  • Sistem Pengapian: CDI AC
  • Sistem starter: Kick starter & Electric starter
  • Dimensi (panjang × lebar × tinggi): 184,5 × 66 × 105 cm
  • Tipe Rangka: Back bone
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 4 liter
  • Jarak sumbu roda: 118 cm
  • Berat kosong: 83 kg
  • Rem Depan: Tromol
  • Rem Belakang: Tromol
  • Ukuran Ban: Depan 2.25-17
  • Ukuran ban: Belakang 2.50-17

(Mtb – Astrea Star original).

Honda Astrea Star Spesifikasi dan Review

Advertisement

4 komentar untuk “Mengintip Tampang Astrea Star Original 1989 (Tidak 100%)”

  1. karman abdul karim

    maaf om, mau tanya untuk membeli onderdil motor astrea star apa masih ada pada zaman sekarang. misalkan ada yang rusak pada bagian motor. mohon informasi nya soal nya sy punya motor astrea star tahun 88

    1. Pada umumnya, dukungan spare part dari pabrikan hanya diberikan selama 10 tahun sejak model tersebut berhenti produksi. Artinya sekarang spare part Astrea Star sudah tidak diproduksi lagi secara khusus.

      Tapi beberapa part biasanya bisa subtitusi dengan model lain.

      Selain itu masih ada part aftermarket dan KW.

      Solusinya Om Bro cari di situs-situs online semisal Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain. Biasanya disana selalu ada.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *