Arti dari Kata Genio Pada Skutik Terbaru Honda

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ada sedikit pertanyaan yang mampir ke benak Mtb perkara arti dari kata Genio pada motor skuter matic (skutik) lansiran Honda yang rilis belum lama ini. Pasalnya, di masa lalu nama tersebut pernah digunakan pada produk roda empat Honda, yaitu Civic Genio. Jadi kenapa sekarang nama tersebut disematkan pada produk roda dua??

Iya Om… Rada seperti Suzuki sih yang juga menggunakan nama ‘Katana’ untuk mobil dan motor. Bedanya kalau nama ‘Katana’ pada Suzuki, Mtb tidak kulik sampai sekarang. Sementara nama ‘Genio’ pada Honda, Mtb telah mendapat sedikit pencerahan untuk arti dan tujuannya… Tujuan dari digunakannya nama tersebut.

Yup… Sebelum PT Astra Honda Motor (AHM) merilis skutik Genio yang berpenampilan casual fashionable ini, Honda sudah pernah merilis Civic Genio di awal era 1990-an lalu. Dan ketika nama tersebut disematkan untuk motor, maka muncullah setitik pertanyaan dalam hati Mtb, “Kenapa Honda memilih nama yang sama untuk dua produk yang berbeda?”

Rupanya target pasarnya yang sama Om… Iya… Sama Om… Sama-sama menargetkan konsumen muda. Dulu, Civic Genio diciptakan untuk menyasar kalangan muda. Sekarang pun motor matic Genio ditargetkan untuk memenuhi selera kaum milenial. (Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM – Viva, 22/6/2019).

Sementara itu (menurut Thomas), arti dari kata Genio diambil dari kata ‘genius’ dan ‘genuine’, yaitu kecerdasan dan keotentikan. Iya Om… Cerdas dan otentik… Tampil dengan desain baru, rangka baru dan mesin baru. Mesinnya punya kubikasi, rasio kompresi dan langkah piston yang lebih tinggi dibanding mesin Beat series, meskipun secara pembulatan sama-sama 110cc.

Mesin Beat, Scoopy dan Vario 110 berkubikasi 108,2cc, sementara Genio bermesin 109,5cc. Hanya beda sedikit memang… Namun ditambah dengan rasio kompresi yang lebih tinggi dan langkah piston yang lebih panjang, patutnya Genio punya akselerasi yang lebih bedass dibanding saudara-saudara tua-nya.

Harga Honda Genio Motor

Harga Honda Genio 2019 dipatok pada angka Rp17,2 juta untuk tipe CBS (Combi Brake System), dan Rp17,7 juta untuk tipe CBS-ISS (Combi Brake System + Idling Stop System). Kedua harga tersebut berstatus On the Road (OTR) DKI Jakarta. (Mtb)

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: