penilaian grabbike

Aplikasi Grab Terkunci Sebelum 15 Detik? Berikut Ini Cara Mengatasinya

Motorisblog.com – Aplikasi Grab terkunci sebelum 15 detik. Om Bro…!! Mtb pernah mengalami aplikasi Grab Driver tiba-tiba terkunci seolah ada order yang terabaikan. Padahal sebelumnya sama sekali tidak ada pesanan yang masuk. Dan baru-baru ini, salah satu rekan driver juga ada yang mengalami dimana waktu penerimaan order tidak sampai 15 detik.

Sedikit bertanya ke kiri-kanan, Mtb mendapatkan jawaban dari salah satu Staff Grab area Jawa Barat melalui grup Whatsapp komunitas Persaudaraan Grab Kota Banjar (PGB).

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan supaya kejadian serupa tidak terjadi lagi. Namun disini Mtb hanya bisa memberikan ulasan berdasarkan setting di ponsel Android milik Mtb, yakni Samsung Galaxy J1 Ace.

Setting yang akan Mtb berikan bisa saja berbeda dengan HP Om Bro sekalian… Namun jika Om Bro menguasai keseluruhan setting HP Om Bro, pada dasarnya pokok tujuannya sama. Hanya sedikit perbedaan pada langkah-langkahnya saja.

Mengatasi Aplikasi Grab terkunci sebelum 15 detik

Om Bro… Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dan diperbaiki pada pengaturan ponsel Om Bro sekalian driver Grab,

1. Pastikan memori HP masih tersedia dengan cukup

. Masuk ke menu “pengaturan”,

. Pilih menu “penyimpanan”, periksa apakah sisa memori yang tersedia masih cukup. Jika memori hampir penuh, hapuslah beberapa file yang sekiranya tidak terlalu penting.

aplikasi grab terkunci
Rincian penggunaan memori internal Samsung Galaxy J1 Ace

Om Bro… Pada beberapa kasus, memori penuh juga dapat terjadi akibat pembaruan perangkat lunak dari vendor. Mtb pernah mendapati kasus seperti itu pada 3 ponsel teman dan 1 ponsel milik istri Mtb, dimana pembaruan software memakan memori internal hingga hampir habis.

Keempat ponsel tersebut diatas adalah Samsung Galaxy J2 Prime.

Jika kasusnya seperti itu, maka jalan satu-satunya adalah dengan cara mengembalikan setting ponsel ke standar pabrikannya.

Berikut ini langkah-langkahnya,

. Masuk ke menu “pengaturan”,

. Pilih menu “cadangkan dan reset”,

. Pilih menu “cadangkan data saya” untuk memback up data-data di ponsel Om Bro. Ini perlu dilakukan karena ketika setting ponsel dikembalikan ke standar pabrikan, maka semua data yang tersimpan pada memori internal ponsel akan terhapus,

. Setelah back up selesai, lalu pilih menu “reset data pabrik”,

. Kemudian pilih kotak dialog “reset perangkat”. Masukkan kunci pengaman jika ada, selanjutnya tunggu proses reset selesai,

Jika ponsel sudah di reset ke setting standar pabrikan, Om Bro perlu mengatur supaya tidak terjadi pembaruan perangkat lunak ponsel secara otomatis.

Berikut ini langkah-langkahnya,

. Pilih menu “pengaturan”,

. Pilih menu “tentang perangkat”,

. Pilih menu “perbarui perangkat lunak”,

. Kemudian pastikan bahwa pengaturan “otomatis unduh pembaruan” berada pada posisi tidak aktif dan menu “pembaruan perangkat lunak terjadwal” di set “tidak ada”,

aplikasi grab terkunci
Setting pembaruan perangkat lunak Samsung Galaxy J1 Ace

2. Bersihkan cache

Pada dasarnya, cache adalah file sementara yang berfungsi untuk mempercepat akses ke fungsi (aplikasi) tertentu. Namun jika terlalu bertumpuk, hal itu bisa berumbas buruk, khususnya pada kinerja aplikasi Grab Driver.

. Pertama ke menu “pengaturan”,

. Pilih menu “aplikasi”,

. Pilih “manager aplikasi”,

. Pilih aplikasi “Grab driver”,

. Scroll sedikit ke bawah, pilih kotak “hapus memori”. Pastikan kotak “hapus memori” telah menunjukkan angka “nol”,

aplikasi grab terkunci
Cache aplikasi pada Samsung Galaxy J1 Ace

3. Tampilkan notifikasi aplikasi

Secara default, setting notifikasi aplikasi Grab Driver akan berada pada posisi yang benar saat Om Bro menginstalnya dari Playstore. Namun untuk memastikan bahwa setting tersebut masih berada pada posisi yang benar, maka ikutilah langkah-langkah berikut ini,

. Masuk ke menu “pengaturan”,

. Pilih menu “suara dan notifikasi”,

. Pilih “notifikasi aplikasi”

. Pilih aplikasi “Grab Driver”,

. Pastikan tombol “blokir notifikasi” berada pada posisi off (tidak aktif / tidak berwarna hijau).

4. Nyalakan semua izin aplikasi

Pada dasarnya, pada saat menginstall aplikasi Grab Driver, secara default Om Bro wajib memberikan semua izin yang diminta oleh aplikasi. Dan untuk memastikan bahwa semua izin aplikasi sudah terpenuhi, periksa dengan cara sebagai berikut,

. Masuk ke menu “pengaturan”,

. Pilih menu “aplikasi”,

. Pilih aplikasi “Grab Driver”, kemudian scroll ke bawah… Perhatikan dan pastikan bahwa semua izin aplikasi telah terpenuhi,

5. Pastikan HP tidak dalam mode hemat daya (Power Saving Mode)

Di zaman now, banyak ponsel yang telah menyediakan fitur power saving mode sedari pabrikannya. Tujuannya jelas untuk menghemat daya baterai dengan cara menon-aktifkan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background.

Dalam hal penghematan daya, fitur ini tentu sangat bermanfaat. Namun dalam hal ponsel digunakan sebagai aplikasi Grab Driver, fitur power saving justru dapat mengganggu kinerja aplikasi. Maka non-aktifkan fitur tersebut saat Om Bro tengah on-bid.

6. Pastikan setting GPS berada pada posisi akurasi tinggi

Pada beberapa model ponsel, setting GPS akurasi tinggi ditunjukkan dengan istilah “GPS, Wi-fi dan jaringan seluler”.

Pada Samsung Galaxy J1 Ace, settingnya adalah sebagai berikut,

. Masuk ke menu “pengaturan”,

. Pilih menu “privasi”,

. Pilih menu “lokasi” dan pastikan setiingnya berada pada mode akurasi tinggi,

aplikasi grab terkunci
Setting GPS pada Samsung Galaxy J1 Ace

7. Android versi 7.1 dan 8.0 lebih baik

Bagian ini tentu tidak semua orang dapat memenuhinya. Mtb sendiri hingga saat ini masih menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android 5.1.1 and so far so good. Namun jika memungkinkan, akan lebih baik Om Bro menggunakan ponsel dengan sistem operasi terbaru.

8. Reinstall aplikasi Grab Driver

Jika semua cara di atas telah dilakukan namun belum berhasil, langkah terakhir adalah menginstall ulang aplikasi Grab Driver.

Hapus dulu aplikasi lama di ponsel Om Bro, kemudian download ulang melalui Google Playstore.

Hokeh, Om Bro… Demikian yang Mtb dapatkan dari Staff Grab Bandung. Semoga bermanfaat… (Mtb – Aplikasi Grab terkunci sebelum 15 detik).

Tinggalkan Komentar