honda cb150r 2019 special edition razor white

Alternatif Kampas Kopling Honda CB150R: Murah Banget

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Ternyata harga satu set kampas kopling motor ini mancapai Rp550.000 untuk versi ori AHM. Informasi tersebut Mtb dapat sudah cukup lama, jadi ada kemungkinan sekarang sudah lebih dari itu. Tapi Om Bro ngga usah ngeri-ngeri amat karena ada informasi lain tentang alternatif kampas kopling Honda CB150R yang konon lebih murah, tapi tidak menimbulkan masalah.

Advertisement

Demikian menurut keterangan dari ARS_Sultan Motor, Jl. Kodam Bintaro RT. 03/04 Pesanggrahan, Jakarta Selatan, melalui aripitstop.com.

Yup. Menurut informasi tersebut, harga kampas kopling CB150R AHM untuk 5 pcs adalah Rp550 ribu, belum termasuk biaya pemasangan.

Nominal tersebut sebenarnya tidak terlalu mahal jika kita bandingkan dengan masa pakainya. Anggaplah satu set kampas kopling bisa terpakai selama 20 bulan, maka berarti hanya Rp27.500 saja perbulannya.

Murah kan?

Tapi bagaimana jika kampas kopling tersebut minta ganti’nya pada waktu yang tidak tepat? Misale saat kita lagi boke’?

Yo pusing.

Honda CB150R 2018
Honda CB150R 2018

Alternatif Kampas Kopling Honda CB150R

Nah, pada kondisi seperti itu, Om Bro pastinya bakal cari alternatif lain yang lebih terjangkau, namun masih relatif aman secara durabilitas. Dan ternyata menurut ARS Motor, alternatif subtitusi’nya adalah kampas kopling kepunyaan Yamaha Vega ZR.

Berapa harganya?

Saat itu, harga kampas kopling Yamaha Vega ZR adalah Rp39.000/pcs × 5 = Rp195.000.

Nah, jauh lebih murah kan Om?

Itu dulu sih ya, tapi patutnya sekarang pun beda’nya ngga akan jauh-jauh amat.

Advertisement

Kemudian perkara pemasangan, kampas kopling milik Vega ZR sangat cocok untuk Honda All New CB150R. Kalau istilah Lek Ari itu, ‘PNP’ alias Plug n Play. Hal itu karena bentang lingkat dan ketebalannya yang sama persis.

Adapun perkara beda ukuran sepatu kampas koplingnya, hal itu justru menguntungkan.

Penjelasannya begini:

  • Jumlah sepatu kampas kopling original Honda All New CB150R adalah 15 tapak
  • Tiap-tiap tapaknya punya ukuran 18 × 8 mm

Sementara kampas kopling kepunyaan Yamaha Vega ZR memiliki 30 tapak berdimensi 8 × 8 mm.

Nah. Dengan lebih banyaknya tapak sepatu kampas kopling milik Vega ZR tersebut, berarti makin banyak pula alur olinya, yang dengan demikian aliran oli pada kampas kopling justru jadi lebih mudah sehingga nantinya kampas kopling akan menjadi lebih awet.

Selain hanya cocok untuk CB150R, kampas kopling Vega ZR pun bisa kita aplikasikan untuk Honda CBR 150R maupun Honda Sonic 150R.

Tapi jangan salah beli kampas koplingnya, karena part milik Vega ZR tersebut ada dua tipe. Yang benar dan cocok untuk aplikasi motor-motor tersebut adalah yang berkode 5D9-E6321-20. (Mtb).

Advertisement

3 komentar untuk “Alternatif Kampas Kopling Honda CB150R: Murah Banget”

  1. min. ada yg uda cuda coba? bermasalah ga? slip sli kopling gitu? pgn gnti kampas. masihmikir” beli yg alternatif atau orinya

    1. Kebetulan di alam nyata saya ngobrol-ngobrol sama temen belom pernah ada yang coba. Kalo referensi di dunia maya sih kabarnya aman.

      Supaya lebih yakin, Om Bro coba konsultasi sama mekanik umum yang terpercaya. Tapi jangan konsultasi sama mekanik bengkel resmi karena jawabannya pasti “tidak dianjurkan”.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *