Alternatif Kampas Kopling Honda CB150R Harga Murah dan Tidak Bermasalah

Motorisweb.com - Alternatif Kampas Kopling Honda CB150R. Om Bro... Kita semua tahu lah, makin mahal harga motor, maka makin mahal pula spare part dan biaya perawatannya. Seperti Honda CB150R yang satu set kampas kopling ori AHMnya mancapai Rp550,000. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena kali ini saya akan share alternatifnya yang lebih murah tapi tidak membuat kuda besi Anda bermasalah.

Tips ini saya dapatkan dari aripitstop.com yang merupakan hasil share dari ARS_Sultan Motor, Jl.Kodam Bintaro RT.03/04 Pesanggrahan Jaksel.

Menurut informasi tersebut, harga kampas kopling CB150R AHM untuk 5 pcs adalah Rp550 ribu belum termasuk biaya pemasangan.

Angka tersebut sebenarnya tidak terlalu mahal jika dibanding dengan masa pakainya. Anggaplah satu set kampas kopling bisa terpakai selama 20 bulan, maka berarti hanya Rp27,500 perak perbulannya. Murah kan? Tapi bagaimana jika kampas kopling bermasalah, misalnya rusak atau aus normal pada saat kita tidak punya uang? Apa nggak pusing tuh? Wkwkwk...!!

alternatif kampas kopling honda cb150r

Jangan sampai nanti motornya dijual buat beli kampas kopling. Lah mau dipasang dimana itu kampas? Hahaha...!! Husss...!! Ngawur!

Nah, menurut informasi dari ARS Motor melalui blognya Kang Ari, ternyata kita punya alternatif kampas kopling CB150R, yakni subtitusi dengan kepunyaan Yamaha Vega ZR.

Part tersebut merupakan kampas kopling yang cocok untuk CB150R.

Saat ini, harga kampas kopling Yamaha Vega ZR adalah Rp39,000/pcs x 5 = Rp195,000. Nah lho... beda jauh kan?

Kemudian perkara pemasangan, kampas kopling milik Vega ZR sangat cocok untuk Honda All New CB150R. Kalau istilah Kang Ari itu, langsung PNP. Hal itu karena diameter dan ketebalannya yang sama persis.

Adapun perkara beda ukuran sepatu kampas koplingnya, hal itu justru menjadi kelebihan.

Penjelasannya begini...

Jumlah sepatu kampas kopling original Honda All New CB150R ada 15 tapak. Tiap tapaknya memiliki dimensi 18x8 mm. Sementara kampas kopling kepunyaan Yamaha Vega ZR memiliki 30 tapak berdimensi 8x8 mm. Nah, dengan lebih banyaknya tapak sepatu kampas kopling milik Vega ZR tersebut, berarti makin banyak pula alur olinya. Dengan demikian, aliran oli pada kampas kopling justru jadi lebih mudah sehingga nantinya kampas kopling akan menjadi lebih awet.

Berikutnya... selain hanya cocok untuk CB150R, kampas kopling Vega ZR pun dapat diaplikasikan untuk Honda All New CBR150R atau pun Honda Sonic 150R. Tapi jangan salah membeli kampas koplingnya, karena part milik Vega ZR tersebut ada dua tipe. Yang benar dan cocok untuk aplikasi motor-motor tersebut diatas adalah yang berkode 5D9-E6321-20.

Related Post

Yamaha Nmax Modif Police, boleh di tiru asalkan ti... Motorisweb.com - Nmax Modif Police. Terus terang, saya adalah orang yang kurang respect jika melihat seorang polisi. Tidak benci sih, tapi cuma kurang...
CB150R vs Vixion R vs GSX-S, Yamaha Paling Total, ... Motorisblog.com - CB150R vs Vixion R vs GSX-S. Belakangan ini kan ramai obrolan soal Suzuki GSX-150 series nih, Om Bro. Dan di dunia maya juga sudah b...
Modifikasi CBR150R Pakai Suspensi Upside Down dan ... Motorisblog.com - Modifikasi CBR150R. Mtb nyulik dari warungnya Kang Asep (warungasep.net). Asal mulanya Kang Asep dapat informasi dari situs web pemb...
Modifikasi Kecil Honda Spacy Agar Tidak Mentok Pol... Motorisblog.com - Honda Spacy Agar Tidak Mentok Polisi Tidur. "Braakk...!!", suara dari kolong motor skutik saya saat melewati polisi tidur. Dulu sa...
13 Poin Modifikasi Motor yang Tidak Melanggar Huku... Motorisblog.com - Modifikasi motor yang tidak melanggar hukum. Om Bro...!! Ancaman pidana 1 tahun penjara atau denda Rp24 juta tentunya terasa berat b...
Penjualan Motor Sport 150 cc; Yamaha All New Vixio... Motorisweb.com - Penjualan Motor Sport 150 cc. Om Bro... sepertinya tahun ini tengah menjadi tahun terpanas dalam persaingan motor seprot (kakakakk......
Honda CB150R, Kekurangan dan Kelebihan serta Kompa... Motorisweb.com - Honda CB150R, Kekurangan dan Kelebihan. Sejak awal produksinya pada tahun 2012, Honda CB150R sudah mengalami perubahan total pada sis...
Modifikasi X Ride Simple tapi Lumayan untuk Tourin... Motorisblog.com - Modifikasi X Ride simple. Om Bro...!! Sudah jadi sifat yang manusiawi ketika ada seseorang yang selalu merasa kurang puas akan apa y...
Penjualan Motor 150 cc Februari 2018, CBR150R, R15... Motorisblog.com - Penjualan motor 150 cc Februari 2018. Om Bro...!! Kali ini Mtb gabungkan data penjualan motor-motor 150 cc. Dari mulai CBR150R, R15,...
Modifikasi PCX Lokal dan Hybrid Boleh Saja, Asal T... Motorisblog.com - Modifikasi PCX lokal dan Hybrid. Om Bro...!! Bagi pecinta modifikasi, desain standar pabrikan hampir selalu tidak pernah bisa memuas...

2 Thoughts to “Alternatif Kampas Kopling Honda CB150R Harga Murah dan Tidak Bermasalah”

  1. Evan r

    min. ada yg uda cuda coba? bermasalah ga? slip sli kopling gitu? pgn gnti kampas. masihmikir” beli yg alternatif atau orinya

    1. Sodik Hanifan

      Kebetulan di alam nyata saya ngobrol-ngobrol sama temen belom pernah ada yang coba. Kalo referensi di dunia maya sih kabarnya aman.

      Supaya lebih yakin, Om Bro coba konsultasi sama mekanik umum yang terpercaya. Tapi jangan konsultasi sama mekanik bengkel resmi karena jawabannya pasti “tidak dianjurkan”.

Leave a Reply