Alasan Kenapa Kapasitas Oli Honda Genio Hanya 650 ml

Motorisblog.com – Om Bro…!! Belum lama ini AHM baru saja meluncurkan produk skutik teranyarnya yang diberi nama ‘Genio’. Menariknya, skutik semi-retro ini mengusung rangka dan mesin baru yang berbeda dibanding saudara-saudara sepabrikan yang sekelas. Bahkan sampai pada perkara kapasitas oli Honda Genio pun berbeda dengan yang lain, semisal Beat, Scoopy dan Vario 110.

Betul Om… Saat Mtb intip data spesifikasi teknisnya di situs resmi PT Astra Honda Motor (AHM),, ternyata kapasitas oli matic Honda Genio hanya sebanyak 650 ml saja. Padahal Beat, Scoopy dan Vario kapasitas oli mesinnya ada di angka 700 ml,, bahkan produk skutik dari brand sebelah malah 800 ml.

Jadi,, kenapa kapasitas oli mesin Honda Genio hanya 650 ml??

Ternyata kaitannya ialah dengan lay out mesinnya yang diklaim lebih kompak Om… Yup,, Honda Genio menggunakan mesin baru dengan area ruang oli yang lebih kecil sehingga oli yang dibutuhkan pun lebih sedikit.

Tapi pun begitu,, meski olinya hanya sedikit, tingkat penguapan dan sirkulasi oli di dalam mesin Genio di klaim sangat baik. Kapasitas oli mesin Genio yang sedikit dipastikan tidak akan membawa efek buruk pada performa dan suhu mesin. Artinya tidak akan membuat mesin jadi cepat panas. (Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor – Viva, 25/7/2019).

Terus gimana?? Kan oli yang di jual di pasaran rata-rata kemasannya 800 ml dan 1 liter…

Ya tinggal di ukur saja Om… Kalau Om Bro membeli oli dalam kemasan 800 ml,, ya jangan dituang semua. Sisakan sekira 150 ml di dalam botol.

Atau jika Om Bro pengen pasti banget, beli saja gelas ukur yang ada garis takarannya…

Bagaimana kalau 800 ml itu di tuang semua habis ke dalam bak mesin Honda Genio??

Kepenuhan Om… Kalau terlalu penuh, ruang udara di dalam mesin jadi kurang. Akhirnya putaran mesin justru malah jari berat akibat sirkulasi udara dan sirkulasi oli tidak lancar.

Gimana kalau sudah terlanjur di tuang semua??

Lebih bijak kalau olinya diturunkan lagi Om… Dikeluarkan dulu, kemudian dimasukkan lagi sesuai dengan takaran yang seharusnya.

Om Bro…!! Honda Genio brojol di Indonesia dengan mengusung banyak pembeda dibanding skutik 110cc Honda yang lain.

Diantara perbedaan yang dikandung Genio ialah kapasitas murni mesinnya, dimana Genio berkapasitas silinder 109,5cc,, sementara Beat, Scoopy dan Vario 110 punya kapasitas murni 108,2cc.

Selain kapasitas mesin, Honda Genio juga hadir menggunakan rangka yang benar-benar baru… Rangka yang diklaim lebih rigid dan lebih ringan dibanding saudara-saudara sepabriknya. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: