Akibat Tekanan Angin Ban Kurang Ternyata Lebih Parah Ketimbang Tekanan Lebih

Motorisblog.com – Om Bro…!! Siapa sangka ternyata akibat tekanan angin ban kurang malah justru lebih membahayakan ketimbang ban yang terlalu keras. Begitu menurut pembalap nasional yang juga pengamat otomotif, Rifat Sungkar (Viva, 6/3/2019). Menurutnya, tekanan ban yang kurang angin akan berakibat ban pecah secara tiba-tiba.

Kenapa bisa demikian…??

Karena ketika ban kurang angin, maka side-wall akan melipat saat posisinya berada dibawah menahan beban, dan dia akan kembali tegak saat berputar ke atas.

Betul Om… Ban yang sering kurang angin, luputnya pecah ya minimal dinding ban jadi cepat rusak (retak-ratak). Kadang-kadang sebelum profilnya gundul pun ban sudah harus ganti gegara retak-retak yang parah di dinding samping ban. Maka itu, ban harus mendapat perhatian lebih karena fungsinya yang berhubungan langsung dengan keamanan dan keselamatan berkendara.

Di jaman old, kebanyakan orang meyakini bahwa ban yang kelebihan tekanan anginlah yang berpotensi pecah. Namun sekarang jaman telah berubah. Jenis dan mutu ban pun sudah banyak berubah. Dijaman now, diyakini bahwa akibat dari tekanan ban yang kurang angin justru lebih berpotensi menyebabkan ban pecah.

Sebetulnya, kurang atau lebihnya tekanan angin ban sama-sama berisiko. Namun pada umumnya, tekanan angin yang terlalu tinggi hanya akan membuat berkendara menjadi keras dan tidak nyaman. Sedangkan kurang tekanan angin, resikonya ya itu tadi di atas…

Selain itu, ban yang kurang tekanan angin pun akan membuat pengendalian kendaraan menjadi limbung, tidak stabil. Juga membuat beban mesin menjadi lebih berat sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Jadi yang terbaik…??

Yang terbaik tentunya tetap harus mengacu pada anjuran pabrikan.

Sebagai panduan, biasanya pada mobil / motor akan ada stiker ‘Tyre-Loading Information’. Di sana ada informasi tekanan angin yang dianjurkan oleh pabrikan.

Selain itu, Om Bro juga bisa melihat anjurannya di buku panduan manual kendaraan Om Bro masing-masing. (Mtb – Apabila tekanan ban depan kurang angin).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: