Oli tercampur air

Akibat Oli Campur Air Banjir Jika Tidak Segera Ditangani

Motorisblog.com – Musim hujan… Banyak wilayah di Indonesia yang rawan banjir. So… kali ini Mtb share beberapa resiko yang bisa terjadi akibat oli campur air… jika kendaraan terpaksa atau dipaksa menerobos banjir.

Yup… Sekira tahun 2012 lalu Mtb pernah maksa menerjang banjir menggunakan New Vega R dari Cikande menuju Nyompok, Serang – Banten. Tapi malang… debit air terlalu tinggi, motor melayang tidak menapak pada permukaan jalan sehingga akhirnya mesin mati dan air masuk ke dalam ruang mesin.

Esok harinya Mtb kuras oli yang telah terkontaminasi air… warna oli telah berubah menjadi putih kecokelatan lantaran bercampur air dari genangan banjir.

Beberapa tahun kemudian kejadian serupa terulang kembali… air mengkontaminasi oli gear pada Honda Spacy FI tunggangan Mtb.

Oli tercampur air

Namun dari dua kejadian tersebut Mtb tidak pernah membiarkan kondisi seperti itu hingga waktu yang lama. Mtb selalu segera menguras dan mengganti oli motor dengan yang baru. Soale Mtb ngeri dengan efek oli mesin yang bercampur air.

Akibat Oli Campur Air Jika Tidak Segera Ditangani

Seperti yang sudah Mtb singgung di atas, Om Bro dapat mengetahui kondisi oli yang tercampur air dari warna olinya itu sendiri. Selain itu, air yang masuk ke dalam ruang mesin pun bakal menimbulkan bau sangit dari knalpot… saat mesin dinyalakan.

Dari hasil penelusuran Mtb, rata-rata semua sepakat bahwa kondisi oli yang tercampur air dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada mesin.

Menurut karakter dasarnya, oli punya sifat demulsifier… yaitu bisa memisahkan diri dari air. Tapi dalam kondisi mereka bersatu didalam ruang mesin, tetap saja air akan mengganggu kenerja oli. Akibatnya putaran mesin menjadi berat dan suhu mesin jadi lebih panas.

Tak hanya itu, sifat asam dari air pun dapat mengakibatkan karat alias korosi. Dan jika dibiarkan dalam waktu lama, mesin akan jadi keropos dan pasti rusak.

Air menghalangi aliran alias sirkulasi oli sehingga menganggu sistem pelumasan dan mengancam komponen penting dalam mesin… misale membuat bearing kruk as macet, bahkan bisa menyebabkan silinder jebol dan piston baret. Karenanya segera kuras dan ganti jika oli mesin motor sudah terkontaminasi air selepas banjir. (Mtb).

10 Cara Mengatasi Mobil yang Terendam Banjir Secara Benar

Cara Mengetahui 8 Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir

Motor Matic Injeksi Kena Banjir, Justru Lebih Handal Dibanding Karbu

Servis Motor Kena Banjir, Periksa 7 Bagian Ini…

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *