AHM Gunakan Strategi Pemasaran Honda Beat untuk Melawan Yamaha FreeGo

Motorisblog.com – Om Bro…!! Kehadiran Yamaha FreeGo di ajang IMOS 2018 rupanya menggelitik beberapa awak media untuk mengorek tanggapan dari AHM. Tapi sepertinya AHM santai saja, bahkan Mtb menangkap aroma bahwa AHM akan menggunakan strategi pemasaran Honda Beat untuk mengimbangi Yamaha FreeGo.

Dan memang sejak jaman Astrea Series hingga saat ini pun AHM selalu seperti itu strateginya. Strategi yang jorok.

Strategi apakah itu…?? Ko jorok??

Yaitu strategi “ngintip dulu”.

Jorok, kan?? Lah iya… ngintip mah jorok. Coba Om Bro ngintip orang yang lagi nongkong di toilet… jorok kan?? Wkwkwkwkk…!!

Mtb bisa menciduk kesimpulan seperti itu atas pernyataan YIMM dan AHM pada Viva, kemarin ini… (2/11/2018).

Antonius Widiantoro, Marketing Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, mengatakan seperti ini;

“Kalau memang merk sebelah lebih banyak penjualannya, kami menantang untuk bisa merebut hati konsumen.”

Sementara Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor menanggapi begini;

“Kami terus mempelajari animo masyarakat secara desain, fitur dan kapasitas mesin. Perlu dan kebutuhannya apa, di luar Vario 125 yang sekarang,”.

Nah kaann… Intinya secara terang-terangan Thomas mengatakan bahwa strategi mereka itu ya strategi “ngintip dulu”. Sama seperti saat awal kemunculan Yamaha Mio… AHM ngintip dulu, sudah tampak laris, AHM check sound pakai Vario 110 karbu… Tidak cukup berhasil, barulah mereka menggelontorkan Honda Beat.

Seperti pula pada kisah PCX lokal dimana AHM ngintip dulu penjualan Nmax.

Iya memang, pada cerita awalnya PCX yang duluan… tapi secara lokal, Nmax yang duluan…

So… kalau Yamaha FreeGo bisa laku keras, ada kemungkinan Honda pun bakal menciptakan produk tandingan. Tapi jika FreeGo penjuaannya jeblok, yaaa… AHM bakalan tetap jualan Vario 125 yang sekarang telah ada. Secara, Vario 125 itu pun masih laris…

Itu saja sih yang bisa Mtb ciduk…

Sekilas Yamaha FreeGoyamaha freego 125 2018

Sebelumnya Mtb sudah tuliskan kisah peluncuran dan spesifikasi Yamaha FreeGo. Jadi di tulisan ini Mtb hanya bahas sekilas saja.

FreeGo adalah model ke-7 dari skutik konvensional Yamaha di kelas 125cc. Sebelumnya telah ada Mio M3, Mio S, Mio Z, X-Ride, Soul GT, dan Fino. Sementara di kubu seberang, Honda hanya punya satu model tok doang, yakni Vario 125.

Menurut Antonius, FreeGo di segmentasikan untuk menyasar konsumen yang ingin naik kelas ke motor premium namun terkendala dana. Jadi inilah pilihan yang Yamaha suguhkan.

Saat ini FreeGo menempati kasta tertinggi di jajaran skutik non-maxi Yamaha. (Mtb – Strategi pemasaran Honda Beat vs Yamaha FreeGo).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: