AC Mobil Kurang Dingin Saat Siang Hari?? Bisa Jadi Ini Penyebabnya…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Bicara perkara AC mobil kurang dingin saat siang hari, penyebabnya bisa banyak hal. Namun salah satunya ini perlu Om Bro ketahui karena ada hubungannya dengan kebiasaan kebanyakan laki-laki, yaitu merokok.

Yup… Bisa jadi masalah AC mobil kurang dingin disebabkan oleh kebiasaan merokok Om Bro sendiri…

Maksudnya begini Om… Biasanya kalau orang mau merokok di dalam mobil, ia akan mematikan pendingin kabin alias air conditioner alias AC (jika sebelumnya AC telah menyala). Kemudian setelah selesai merokok, ia akan menyalakan kembali AC mobil.

Nah, dalam situasi seperti itu artinya AC mobil ON/OFF pada saat mobil tengah melaju, bahkan mungkin dalam kecepatan tinggi.

Dalam keadaan mobil melaju pada kecepatan yang relatif tinggi, maka rpm mesin pun tinggi… Artinya putaran pulley pun tinggi. Maka ketika Om Bro menyalakan AC di putaran itu, berarti terjadi gesekan yang cukup keras antara pressure plate dengan pulley. Dan jika hal itu sering terjadi berulang-ulang, efek jangka panjangnya pressure plate dan pulley akan lebih cepat aus. Akibatnya performa AC jadi menurun… AC mobil kurang dingin saat macet… Muncul suara berisik saat AC dinyalakan… dan sebagainya… (Mekanik bengkel spesialis AC di Ciganjur, Jakarta Selatan, Yanto – Kompas, 10/6/2019).

Selain itu komponen magnetic clutch juga berpotensi rusak jika sering mengalami gesekan secara tiba-tiba pada rpm tinggi. (Head Product Improvement / EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi – Kompas, 10/6/2019).

Jadi bagaimana baiknya??

Sebaiknya menyalakan AC hanya pada kondisi mesin idle atawa langsam… atawa saat mobil berhenti. Jadi ketika mobil melaju, AC telah dalam kondisi menyala.

Jika pun terpaksa Om Bro harus menyalakan AC saat mobil melaju, maka sebaiknya kurangi kecepatan mobil. Jangan menyalakan AC saat mobil dalam kecepatan tinggi.

Satu hal lagi… Pastikan AC ada dalam posisi OFF saat Om Bro hendak menghidupkan mesin mobil. Karena jika AC ada dalam posisi ON, maka kerja motor starter akan lebih berat dari yang seharusnya. (Mtb – AC mobil tidak dingin saat mesin panas).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: