9 Pilihan Piston Untuk Oversize Mesin Motor

Motorisblog.com – Om Bro…!! Oversize dengan cara bore up alias korter silinder masih menjadi pilihan ketika kita ingin menaikkan kapasitas mesin motor. Entah itu karena ingin performa motor jadi lebih joss, atau pun karena piston/silinder sudah aus termakan usia, sehingga kita harus melakukan serangkaian servis besar.

Nah, dari beberapa pilihan piston untuk bore up, berikut ini Mtb rangkum 9 pilihan yang biasa di gunakan sebagai subtitusi (pengganti) dari part originalmya. (Motorplus.gridoto, 18/10/2018).

1. Piston Blitz Joy

Piston original dari Kawasaki Blitz Joy terkenal bandel dan awet. Seher ini punya bentang diameter yang lebih besar dan seringkali menjadi cara bore up motor Jupiter Z, Vega R, dan Vega ZR.

Bore x stroke standar dari Vega R dan Jupiter Z yang sebesar 51 x 54 mm akan menghasilkan volume silinder sebesar 132,9cc setelah menggunakan piston Blitz Joy. Sementara untuk New Jupiter Z dan Vega ZR yang punya bore x stroke: 50 x 57,9 mm, hasil akhirnya menjadi 142,5cc.

2. Piston Kawasaki Kaze

Diameternya sebesar 53,5 mm, cocok untuk korek harian Yamaha Jupiter, Yamaha Vega dan Honda Karisma. Malahan, teman Mtb jaman tahun 2012 dulu juga pakai seher Kaze untuk bore up motor Supra X 125 karbu lansiran tahun 2010.

Kelebihan piston Kaze ialah harganya yang murah dan pemasangannya yang tidak memerlukan banyak ubahan.

3. Piston Suzuki Smash

Diameter seher Suzuki Smash adalah sama seperti Kawasaki Kaze, yakni 53,5 mm.

Piston Smash juga berbentuk rada jenong sehingga dapat digunakan untuk sekalian menambah rasio kompresi mesin.

4. Piston Honda Sonic

Ukuran Diameter piston Sonic sebesar 57,3 mm menjadi favorit bore up di kelas Mio 58-an. Bagian kepala piston yang pendek bila di ukur dari bibir pen telah memberikan keuntungan untuk stroke-up nol paking. Ditambah pula dengan bobot seher yang ringan sehingga memungkinkan untuk menambah rpm mesin.

5. Piston Honda GL

Seperti pula piston Sonic, piston Honda GL juga sangat populer di kelas bore up 58. Popularitasnya di dunia bore up tersebut didapat lantaran harganya yang murah serta telah terbukti kuat dan awet.

6. Piston Honda CBR150

Piston berukuran gambot dari CBR150 banyak diminati oleh pehobi balapan drag bike. Bentuknya pendek seperti piston racing dan memiliki keunggulan dalam hal bobot yang ringan dan minim gesekan.

Diameternya lumayan besar, yakni 63,5 mm.

Bobot yang ringan dengan bentuk kepala yang pendek, memungkinkan Om Bro untuk exsplorasi bore up dan stroke up sekaligus.

7. Piston Yamaha Scorpio

Diantara semua seher yang biasa digunakan untuk bore up, seher punya Scorpio ini yang paling besar. Diameternya mencapai 70 mm.

Seher Scorpio memungkinkan untuk Om Bro melakukan bore up ekstrim lantaran memiliki lubang pen 16 mm.

8. Piston Yamaha V-Ixion

Seher Vixion punya lubang pen 14 mm yang ideal untuk stroke up motor skutik dan bebek Suzuki.

Seperti yang kita tahu, motor-motor Suzuki terkenal dengan mesin overbore-nya. Maka itu, performanya bakal lebih joss jika langkah pistonnya (stroke) pun di naikkan.

Dengan karakteristik mesin overbore, Suzuki terkenal enak di putaran atas. Nah, ketika stroke di naikkan, maka tarikannya bakalan lebih nampol dari putaran bawah sampai putaran atas.

9. Piston Yamaha Byson

Seher Yamaha Byson sudah berjenis forged sehingga bobotnya lebih ringan.

Forged piston juga di klaim minim gesekan dengan liner silinder. Maka, seher ini sangat ideal untuk bore up mesin Yamaha Mio menjadi 150cc. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: