9 Mobil Bekas yang Paling Laku di Pasaran (Maret 2019)

Motorisblog.com – Om Bro…!! Tidak semua orang mampu dan mau membeli kendaraan baru… So, berikut ini Mtb share 9 mobil bekas yang paling laku di pasaran, khususnya di area DKI Jakarta dan sekitarnya…

9 Mobil Bekas Paling Laris di Pasaran

1. Toyota Avanza
2. Daihatsu Xenia
3. Honda Mobilio
4. Toyota Innova
5. Suzuki Ertiga

6. Nissan Livina
7. Daihatsu Ayla
8. Honda Brio
9. Honda BR-V

Ada yang menarik perhatian Mtb dari data di atas, yaitu Nissan Livina dan Honda BR-V.

Apa menariknya…??

Menariknya ialah karena kedua mobil tersebut tidak memiliki banyak peminat ketika masih dalam kondisi baru. Namun ternyata cukup laku pada kondisi second.

Kemudian Om… Data mobil bekas paling cepat laku di atas sejatinya tidak di lengkapi dengan jumlah unit yang terjual. Tapi pun begitu, Mtb kira secara gambaran kasar bisa dianggap akurat lantaran nama-nama tersebut berasal dari para pelaku bisnis mobil bekas.

Lantas, apa pentingnya mengetahui nama-nama mobil bekas yg paling laku…??

Bagi yang berminat membeli mobil bekas, jelas ini penting Om… Logikanya, mobil yang memiliki banyak peminat, maka harganya pun relatif stabil. Jadi Om Bro tidak akan rugi terlalu banyak ketika nanti hendak menjual kembali mobil tersebut, (misalnya) saat hendak berganti membeli mobil baru.

Selain itu, mobil yang laris, berarti jumlah populasinya pun relatif banyak. Yang artinya, jumlah peredaran suku cadangnya pun (mestinya) banyak, sehingga tidak sulit dalam hal perawatan.

Itu pandangan dari sisi konsumen… Sedangkan dari sisi penjual, berbisnis mobil bekas yang cepat laku berarti perputaran uang modal tetap terjaga kesehatannya. Dengan demikian, potensi keuntungan yang dapat di raih pun menjadi lebih besar.

Lalu, dari mana dasar pemikiran Mtb yang demikian…??

Pertama dari Country Manager Carsome, Andreas Djingga. Menurutnya, mobil bekas fast moving masih dominan model mobil keluarga (MPV – Multi Purpose Vehicle) golongan terendah (Low MPV). Lebih spesifiknya ialah Honda Mobilio, Toyota Avanza, Toyota Innova, dan Nissan Livina. (Viva, 16/3/2018).

Selain itu ada juga model city car yang memiliki cukup banyak peminat, yakni Daihatsu Ayla dan Honda Brio.

Untuk kesemua model-model di atas, tahun produksi yang paling laku ialah 2011 hingga 2014.

Sementara itu, Presiden Direktur Mobil88, Halomoan Fischer, tidak menyebutkan secara spesifik perkara brand dan model mobil yang paling laku. Namun ia mengatakan bahwa kebanyakan konsumen memilih mobil bekas dari brand Jepang yang berjenis Low MPV dengan kisaran harga di bawah Rp150 juta.

Sumber lain yang mengatakan hal serupa ialah pedagang dari salah satu showroom mobil bekas di Mega Glodok, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dia adalah Andi dari Jordy Mobil. Menurut Andi, segmen Low MPV masih menjadi model mobil bekas favorit konsumen.

Secara spesifik, Andi menyebutkan bahwa mobil-mobil bekas yang punya banyak peminat ialah Suzuki Ertiga, Honda BR-V, Honda Mobilio, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Suzuki Ertiga, Honda BR-V dan Honda Mobilio banyak diminati untuk kendaraan pribadi (keluarga), sedangkan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia banyak diminati oleh driver taksi online.

Kisaran harga yang banyak dicari berada pada rentang Rp Rp100 juta hingga Rp150 jutaan. Tergantung kondisi mobil serta kebutuhan dan kemampuan si konsumen. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: