8 Motor Paling Fenomenal di Indonesia Sepanjang Tahun 2018

Motorisblog.com – Om Bro…!! Setiap tahunnya semakin cepat dan semakin banyak motor-motor baru bermunculan. Namun begitu, tidak semua motor baru bisa mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat. Nah, dari semua itu, disini Mtb anggap ada beberapa motor paling fenomenal di Indonesia sepanjang tahun 2018 yang telah kita lewati lalu.

Apa sajakah itu…??

Mari kita cekidot…

1. Honda Supercub C125honda supercub c125
Motor pertama yang Mtb anggap fenomenal ialah Supercub C125. Lah iya Om… Motor berpredikat bebek termahal ini laris manis meski harganya menyentuh Rp55 juta. Padahal kapasitas mesinnya hanya 125cc lho Om…

Tapi ya memang segmentasi motor ini cuma untuk kalangan pehobi saja… dan ketika kita sudah bicara perkara hobi, maka nominal uang tidaklah akan berarti.

Berbeda dengan orang yang tidak sesuai dengan hobinya… Uang Rp55 jutaan tentu lebih condong untuk membeli motor sport 250cc varian terendahnya, semisal Ninja 250SL atau pun bahkan Yamaha MT25 yang berkonfigurasi dua silinder.

Atau sekelas sport fairing 150cc, masih kembalian uang banyak. Atau bisa juga dilarikan pada skutik gambot semisal Honda PCX, Yamaha Nmax, Yamaha Xmax, dan lain-lain.

Tapi ya itu tadi Om… Disini judulnya memang Honda tengah jualan motor hobi. Jadi tidak ada komparasi ke arah motor massal.

Honda Super Cub C125 di pamerkan pada ajang GIIAS 2018. Dia menawarkan rupa klasik ala 1970-an, namun dengan fitur-fitur kekinian.

2. Kawasaki Ninja 250SLpromo ninja 250sl 2018
Dikelas motor sport fairing 250cc Ninja 250SL alias Ninja RR mono sempat menggemparkan dunia persilatan roda dua. Lah iya Om… Ada motor 250cc ko harganya di diskon hingga Rp10 jutaan, apa ngga gonjang-ganjing itu celengan ayam di bumi pertiwi ini…??

Dan serunya, promo tersebut bukan semata-mata dalam rangka cuci gudang. Faktanya untuk versi barunya pun Ninja 250SL hanya di patok seharga Rp36 jutaan tok doang. Lebih murah dibanding versi sebelumnya, bahkan lebih murah dibanding Honda CBR150R pada varian tertingginya.

3. Motor Listrik Gesitsmotor listrik gesits
Naahh… ini dia Om… Fenomena motor listrik di Indonesia membuncah gegara Gesits yang dijajal di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo.

Tapi menurut hemat Mtb, Gesits memang pantas menjadi fenomena. Pasalnya, dalam hal komparasi dengan produk lain sesama motor listrik, Gesits memang menang telak.

Gesits memiliki jarak tempuh dikisaran 80 km hingga 100 km per baterai penuh. Dan waktu recharge baterainya hanya berkisar 2 jam hingga 3 jam saja. Malahan Gesits juga bekerja sama dengan Pertamina dalam persiapan layanan penukaran baterai di SPBU.

Nah, dilihat dari situ, jelas Gesits menang telak dibanding rekan sesama produk Indonesia, yakni Viar Q1. Iya Om… Viar Q1 hanya punya jarak tempuh sekira 40 km – 60 km dengan waktu pengisian baterai berkisar 5 jam – 7 jam.

Bahkan Honda PCX Electric yang notabene terlahir dari pabrikan raksasa pun performanya hanya mendekati Viar Q1. Masih jauh dari Gesits. Maka Mtb rasa patut lah jika Mtb anggap Gesits sebagai salah satu motor yang fenomenal pada tahun 2018 lalu.

So… semoga saja sesuai dengan targetnya bahwa Gesits bakal rilis dan diproduksi secara massal pada tahun 2019 sekarang ini…

4. Honda CB150 Verzahonda cb150 verza
Jika dilihat secara detail, naked sport 150cc besutan PT Astra Honda Motor ini cukup dicibir oleh sebagian orang. Pasalnya tidak sedikit orang yang menganggap bahwa motor ini hanyalah Verza versi lama yang diberi embel-embel nama ‘CB’, meskipun sebenarnya ada lumayan banyak diferensiasi dari versi old. …termasuk dalam hal perubahan desain dan penambahan beberapa fitur.

Namun ketika kita kembalikan pada fitrahnya, maka cibiran akan CB150 Verza pun serasa tak berarti. Lah iya Om… Judulnya ini kan motor sport pahe… Motor murah meriah… Jadi ya ngga patut lah jika pasar banyak tuntutan pada unit ini. Betul Om…??

Naahh… itu…

Honda CB150 Verza dirilis pada Februari 2018 dengan mesin 150cc injeksi dan punya banderol Rp19,3 juta – Rp19,95 juta

5. Honda Goldwingspesifikasi honda goldwing 2018
Event Indonesia International Motor Show yang digelar pada April 2018 lalu menjadi ajang bagi AHM untuk memamerkan moge premium besutannya, yaitu New Gold Wing Tour DCT.

Lantas, apa yang fenomenal dari motor 1,8 liter ini…??

Pastinya karena kelasnya yang super premium dengan fitur bejibun, dan pamungkasnya ialah banderolnya yang menyentuh angka Rp1,05 miliar, …yang secara nalar pasti Mtb ngga bakalan mampu beli. Kecuali jika ada kejadian yang diluar nalar. Wkwkwkwkwk…!!

6. Honda CRF1000L
Setelah Goldwing di IIMS 2018, selanjutnya Honda CRF1000L African Twin yang dirilis pada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2018.

AHM memperkenalkan moge satu liter ini dengan banderol Rp485 juta hingga Rp585 juta.

7. Yamaha New R25yamaha new r25 2018
Kali ini dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang pada bulan Oktober 2018 lalu merilis New R25, …dengan ubahan pada desain wajah, kaki-kaki dan update beberapa fitur. Sementara di sektor mesin, motor ini masih menggunakan mesin double silinder 250cc yang sama dengan versi sebelumnya, …yang punya power maksimum 35,4 HP dan torsi maksimumnya 22,6 Nm.

Sayangnya, motor sport fairing seharga Rp58,6 juta hingga Rp64,6 juta yang rilis di ajang IMOS 2018 ini fenomenanya justru miring. Dia dianggap paling inferior dibanding Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR dalam hal teknologi, fitur, power, bahkan desainnya. Begitu yang Mtb ciduk dari ragam komentar di sosmed kala itu.

So… banderol New R25 pun jadi dianggap overprice dibanding value yang ditawarkan.

8. Kawasaki Ninja 250ninja 250 keyless
Dialah market leader Indonesia dikelas sport 250cc. Setidaknya hingga bulan Juni 2018, karena setelah itu data AISI tidak boleh lagi dibeberkan ke publik, kecuali data per-merk-nya saja.

Nah Om, pada event IMOS, Oktober 2018 lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia merilis sang leader, Ninja 250 dengan tambahan fitur keyless. Varian ini mendapat banyak komentar positif lantaran menjadi versi keyless yang pertama di kelas sport 250cc di Indonesia. (Mtb – Motor paling fenomenal 2018).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: