5 Besar Ekspor Mobil Indonesia 2018, Januari – November

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ekspor mobil Indonesia 2018 sepanjang Januari hingga bulan November tampak dominan Toyota. Iya Om… Dari 5 mobil terlaris ekspor, ada 4 di antaranya yang berlabel Toyota, dan hanya satu yang berlabel lain, yakni Mitsubishi.

Sedangkan untuk Ekspor mobil Toyota itu sendiri, Avanza masuk ke dalam daftar 5 terlaris, meskipun bukan berada di urutan pertama seperti pada penjualan domestik.

Bener pisan Om… Sejak brojolnya pada tahun 2003 lalu, Avanza memang membawa fenomena tersendiri. Dia selalu laku keras… selalu memuncaki tangga mobil terlaris, meskipun wajahnya nyaris tak pernah berubah.

Om Bro…!! Awal mula larisnya Avanza ialah lantaran harga yang relatif terjangkau dengan kapasitas kabin yang lega. Tapi itu hanya awalnya saja. Fakta mengatakan bahwa hingga muncul kelas mobil LCGC yang notabene jauh lebih murah, pun Avanza masih tetap yang terlaris.

Bahkan ketika muncul Calya dan Sigra yang muat 7 penumpang dengan harga lebih miring, pun tetap Avanza yang terlaris.

Satu-satunya yang sempat menggulingkan kedudukan Avanza sebanyak 7 bulan dari 11 bulan yang terhitung hanyalah produk Mitsubishi, yakni Xpander. Tapi itu pun jika dihitung secara total, jumlah wholesales terbanyak masih milik Avanza.

Itu kisah penjualan di dalam negeri…

Bagaimana dengan pasar ekspor mobil 2018…??

Tetap Om… Meskipun bukan ranking pertama, namun Avanza masih mampu nangkring di posisi kedua dengan jumlah kiriman sebanyak 32.536 unit sepanjang Januari – November 2018. Sedangkan di pasar domestik, Avanza berhasil terdistribusi sebanyak 75.496 unit pada periode tersebut.

Begitu menurut data wholesales dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Unit-unit Avanza tersebut di kapalkan ke banyak negara, diantaranya,

. Filipina
. Myanmar
. Vietnam
. Thailand
. Brunei Darussalam

. Laos
. Singapura
. Malaysia
. Afrika Selatan
. Bermuda

. Mesin
. Afrika Barat
. Madagaskar
. Pakistan
. Srilanka

. Arab Saudi
. Peru
. Bangladesh
. Lebanon
. Qatar

. Kuwait
. Oman
. Yaman
. Honduras
. Guatemala

…dan lain-lain…

Namun seperti yang sudah Mtb sebutkan di atas, Avanza bukanlah yang terlaris di pasar ekspor. Hal itu disinyalir lantaran segmen MPV di negeri orang sana tidaklah sepopuler di pasar Indonesia. Faktanya, Fortuner sebagai mobil SUV gambot lah yang menjadi juara ekspor.

Sekedar informasi, meskipun sama-sama punya label ‘Toyota’, namun antara Fortuner dan Avanza sama sekali dibuat di pabrik yang berbeda. Fortuner dibuat di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia, sedangkan Avanza dibangun dipabrik Daihatsu.

Yo wiss… Berikut ini urutan 5 besar ekspor mobil Indonesia 2018 (Januari – November)
. Toyota Fortuner 47.729 unit
. Toyota Avanza 32.526 unit
. Toyota Rush 28.507 unit
. Toyota Wigo (Agya) 28.364 unit
. Mitsubishi Xpander 22.338 unit
(Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: