4 Perusahaan Mobil yang Bangkrut di Indonesia

Motorisblog.com – Om Bro…!! Seperti yang kita tahu, Chevrolet telah memutuskan untuk menghentikan penjualannya di tanah air. Keputusan itu berlaku mulai akhir Maret 2020. Dan ternyata, ada 3 perusahaan mobil yang bangkrut di Indonesia sebelum Chevrolet…

Chevrolet

Yup… Hector Villareal, President General Motors (GM) Asia Tenggara telah menyampaikan hal tersebut via keterangan resminya. Yaitu bahwa General Motors Indonesia (GMI) selaku Agen Pemegang Merk (APM) Chevrolet di Indonesia, menghentikan penjualannya di akhir Maret 2020.

Chevrolet di Indonesia Tutup, Layanan Servis Tetap Berjalan

Keputusan tersebut diambil tentunya tidak serampangan. Keputusan itu telah melalui pertimbangan secara menyeluruh… Pertimbangan yang diukur dari berbagai rencana bisnis yang memungkinkan GM Indonesia pada masa depan…

Faktanya, Indonesia tidak memiliki segmen pasar otomotif yang dapat memberi keuntungan bisnis berkesinambungan bagi Chevy.

Dan seperti yang sudah Mtb singgung di atas, Chevrolet bukan lah merek pertama. Chevrolet bukanlah satu-satunya yang menyerah dan menutup jaringannya di Indonesia… Karena sebelum dia, telah ada 3 perusahaan otomotif yang bangkrut di Indonesia.

Maksudnya, merk ternama ya Om… Kalau semua merk sih, Mtb kira tidak hanya 3 saja…

Ford

Sebelum Chevrolet, Ford menjadi salah satu perusahaan mobil Amerika yang bangkrut di Indonesia.

Betul Om… Ford telah meningalkan tanah air kita sejak tahun 2016 lalu…

Ford menjejakkan kakinya di bumi pertiwi ini sejak tahun 2000 lalu… Ford masuk ke tanah air dibawa oleh APM-nya, PT Ford Motor Indonesia.

Ford dikenal masyarakat Indonesia sebagai produsen mobil-mobil tangguh… Diantaranya Ford Ranger dan Ford Everest.

Ford tidak main-main dalam bisnisnya di Indonesia… Dia menunjukkan keseriusannya dengan membuka sejumlah dealer 3S (Sales, Service & Spare Part) di beberapa kota besar.

Tahun berjalan… Line up produk Ford semakin lengkap. Lini produk Focus, Escape, Fiesta dan Ecosport datang melengkapi jajaran produk yang dijual di sini.

Tapi disayangkan pisan Om,, perusahaan mobil Ford bangkrut di sini… Ford harus meninggalkan Indonesia karena keputusan bisnis dari prinsipalnya disana…

Infiniti

Infiniti juga menjadi salah satu perusahaan mobil yang sudah bangkrut di Indonesia…

Infiniti di kelola oleh Nissan…

Infiniti menjual produk-produknya di Indonesia sejak tahun 2011 lalu… Dia terkenal sebagai produsen mobil-mobil premium…

Catatan terbaik penjualan Infiniti didapat pada tahun 2013 lalu, yaitu sebanyak 16 unit dalam masa 1 tahun… Namun disayangkan pisan, penjualan Infiniti semakin kesini semakin menurun. Hingga di tahun 2017 dan 2018 tak satu pun unit Infiniti yang terjual…

Akhirnya di pertengahan tahun 2018, penjualan Infiniti di Indonesia dihentikan…

Subaru

Brand yang satu ini terkenal sebagai produsen mobil berpenggerak 4 roda alias 4WD dengan mengusung mesin boxer…

Model-model mobil Subaru yang populer diantaranya ialah Forester, Tribeca, Outback, Exiga, BRZ, XV dan Impreza. Model-model itulah yang pernah dijual di Indonesia…

Merk Subaru dipasarkan oleh PT Motor Image Indonesia (MII)…

Di tahun 2014, PT MII tersandung masalah pajak atas impor yang mereka lakukan di tahun 2013. Masalah itu terungkap setelah PT MII diaudit oleh Dirjen Bea dan Cukai di tahun 2014. (Kompas (29/10/2019)).

Setelah audit tersebut, APM Subaru tetap tidak mau membayar pajak kendaraan atas impor di tahun 2013 itu… Hingga akhirnya PT MII harus menghentikan penjualan Subaru pada tahun 2015 dan seterusnya.

Akibat penghentian tersebut, aset PT MII di tujuh lokasi pun disita. Yaitu di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Batam, Malang, Surabaya, Denpasar dan Tangerang. (Mtb – Pabrik mobil yang bangkrut di Indonesia).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: