4 Penyebab Ekspor Yamaha Indonesia Menjadi yang Terbesar di Dunia

Motorisblog.com – Om Bro…!! Keberhasilan ekspor Yamaha Indonesia menjadi yang terbesar di Dunia tentunya bukan tanpa perjuangan. Ada satu kisah pilu yang akhirnya berbuah manis, …selain juga 3 faktor lainnya.

Apa sajakah itu…??

Hayu atuh kita langsung cekidot aja…

Krisis Moneter 1997

Om Bro…!! Siapa sangka krisis ekonomi dan moneter yang menghantam Indonesia kala itu justru pada akhirnya menjadi berkah bagi Yamaha Indonesia saat ini.

Memang bukan hanya Indonesia yang terkena dampak krismon, tapi Indonesia menjadi salah satu yang terparah.

Karena krisis tersebut, tentu Yamaha Indonesia pun terkena imbasnya… Demand dalam negeri anjlok hingga 80%. Penjualan motor Yamaha ambrol dari 1,7 jutaan unit menjadi hanya 400 ribuan unit saja dalam setahun.

Kenyataan itu pada akhirnya memaksa Yamaha Indonesia untuk menjual produk-produknya ke pasar luar negeri., … demi untuk tetap mempertahankan karyawan dan brand image yang telah dibangun selama bertahun-tahun di tanah pertiwi ini.

Yup… di awali dari sebuah keterpaksaan akibat krismon, ternyata kini Yamaha Indonesia justru berkibar di dunia persilatan motor internasional, bahkan menjadi eksportir terbesar di jajaran Yamaha Group di seluruh dunia, dan terbesar dari semua merk motor di Indonesia.

Yang artinya juga, sekarang PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjadi basis ekspor untuk Asia, …mengalahkan beberapa pabrikan berkualitas lainnya semisal Yamaha Thailand dan Yamaha Jepang.

Kapabilitas SDM

Meskipun berawal dari keterpaksaan akibat krismon, tentu tetap saja Yamaha Indonesia tidak akan menjadi basis ekspor jika kualitas SDMnya tidak mumpuni.

Yup… untuk bisa menempus pasar ekspor Eropa, Amerika Serikat, Jepang, Australia dan lain-lain, kapabilitas SDM dari YIMM tentu harus berstandar dan bertifikat ekspor., …sebagai bukti bahwa SDM Yamaha memang mampu memproduksi motor yang bermutu internasional.

Standarisasi Pabrik

Selain SDM yang mumpuni, standarisasi pabrikan juga tentunya harus memenuhi kriteria ekspor. Karena percuma saja SDM berskill dewa pun jika pabriknya tidak berstandar ekspor.

Nah, kriteria tersebut telah terpenuhi oleh kedua pabrik Yamaha Indonesia di Pulo Gadung dan Karawang.

Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah juga tidak kalah pentingnya. Kebijakan Pemerintah Indonesia yang mendorong industri otomotif nasional untuk meningkatkan kapasitas ekspornya pun turut menjadi penyebab suksesnya ekspor Yamaha Nmax, R25, Xmax MX King, R15, MT03, MT25, R3, Lexi, dan Aerox 155 VVA.

***

Menurut data yang berhasil Mtb ciduk dari TKP, sejak Januari hingga November 2018, Yamaha Indonesia telah mengekspor 338 ribu unit motor secara CBU dan 5,3 juta set CKD. Jumlah tersebut lebih tinggi hingga 14,7 kali lipat dibanding 4 tahun lalu, yakni tahun 2014.

Sedangkan secara totalnya sejak awal ekspor, Yamaha Indonesia telah berhasil mengekspor sebanyak 1,5 juta unit motor secara CBU ke 45 negara di 5 benua.

Pencapaian signifikan Yamaha tersebut tentunya memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia, …karena dari sana saja pun Indonesia sudah meraih surplus perdagangan sebesar US$813,6 juta atawa setara Rp11,8 triliun. (Mtb – Ekspor Yamaha Indonesia).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: