4 Mobil Kolaborasi Nissan dan Mitsubishi Selain Livina dan Xpander

Motorisblog.com – Om Bro…!! Tidak hanya Livina dan Xpander, masih ada lagi 4 mobil kolaborasi Nissan dan Mitsubishi. Tapi keempat mobil tersebut dibuat bukan untuk pasar Indonesia, melainkan untuk pasar Jepang.

Betul Om… Seperti diciduk dari Carscoops, dikatakan bahwa Nissan dan Mitsubishi bakal meluncurkan 4 model Kei Car kembar, yaitu Nissan Dayz, Nissan Dayz Highway Star, Mitsubishi eK Wagon, dan Mitsubishi eK X.

spy shot nissan dayz

Pengembangan keempat mobil mungil tersebut dilakukan di perusahaan patungan NMKV, dan bakal diproduksi di Pabrik Mizushima Mitsubishi di Kurashiki, Jepang.

Empat mobil mungil Nissan Dayz dan Mitsubishi eK mengusung teknologi semi-otonom. Kapasitas mesinnya 660cc dengan sistem transmisi CVT (otomatis).

mitsubishi eK 2019

Tapi Om… Seperti pula Livina dan Xpander, keempat mobil kecil itu tidaklah kembar identik. Mereka memiliki wajah yang berbeda. Dayz menggunakan grille V-Motion khas Nissan, sedangkan eK mengadopsi filosofi desain Dynamic Shield ala Mitsubishi.

Om Bro… Beraliansi memang telah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan otomotif dunia. Dengan cara itu, dua merek yang berbeda bisa saling berbagi platform, teknologi, dan hal-hal lainnya demi berkembangnya industri mereka.

Hasilnya…??

Lahirlah dua produk yang sama dari dua merk berbeda.

Contoh yang paling dekat di sini ialah kolaborasi Toyota – Daihatsu yang melahirkan Avanza – Xenia, Rush – Terios, dan Agya – Ayla. Selain itu ada juga kolaborasi Mitsubishi – Nissan yang melahirkan Xpander – New Livina.

Namun ada yang berbeda dari kedua aliansi tersebut… Yaitu bahwa aliansi Toyota – Daihatsu melahirkan mobil kembar identik, sedangkan aliansi Mitsubishi – Nissan membuahkan mobil kembar yang tidak identik. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: