4 Kelemahan e Tilang yang Kini Diberlakukan di Jakarta

Motorisblog.com – Om Bro…!! Kebijakan penerapan denda elektronik bagi pelanggar lalu lintas di Jakarta bakal memberikan dampak positif jangka panjang,… namun, masih ada beberapa kelemahan e tilang yang harus di benahi ke depannya.

Salah satu kelemahan tersebut ialah langkah langkah tilang yang dilakukan dengan cara mengirim surat tilang ke alamat STNK pelanggar… ,sementara di lain sisi ada kemungkinan kendaraan pelanggar telah berganti kepemilikan.

Om Bro…!! Seperti yang telah Mtb singgung di atas, pemberlakuan tilang elektronik akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang…, yaitu mendorong prilaku positif berkendara, dan menghilangkan praktek suap-menyuap antara oknum polisi dengan pelanggar lalu lintas.

Yup… Tilang elektronik memberikan kemudahan, dan akuntabilitas tinggi dalam penyelesaian masalah pelanggaran lalu lintas.

Tapi…

…untuk saat ini E-TLE di Jakarta masih memiliki beberapa kelemahan mendasar yang harus di perbaiki, di antaranya;

. Kendaraan berpelat non-B (DKI Jakarta) belum bisa terdeteksi
Yang artinya, untuk kendaraan-kendaraan dari luar Jakarta masih harus di awasi secara manual oleh petugas polisi.

. Penerapannya Belum Pasti
Saat ini program tilang elektronik masih dalam tahap uji coba…, belum fix untuk keberlanjutannya dalam jangka panjang.

. Bank Tempat Membayar Denda Baru BRI Saja
Jika fix akan dilanjutkan, sudah barang tentu tempat pembayaran dendanya harus multibank. Tidak bisa efektif hanya dengan satu bank saja.

. Kendala Perbedaan STNK dengan Alamat Pelanggar
Dalam hal ini, pemilik motor yang lama (yang motornya telah dijual) sebaiknya segera memblokir motor tersebut ke Samsat. Demikian juga untuk Om Bro yang membeli motor/mobil second, sebaiknya segera lakukan balik nama.

Lah iya… surat tilang dari pelanggaran E-LTE akan dikirim via pos ke alamat yang tertera pada STNK dan BPKB. Jika alamat dan nama STNK berbeda dengan pengendara yang melanggar, maka surat tilangnya tidak akan sampai ke orang yang dituju (ke pelanggarnya),…

…kecuali pemilik lama mau berbaik hati menyampaikan surat tilang tersebut ke alamat pelanggar. (Mtb – Kelemahan e tilang).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: