12 Tips Berkendara di Malam Hari Agar Terhindar dari Bahaya

Motorisblog.com – Om Bro…!! Berikut ini Mtb share tips berkendara di malam hari, utamanya bagi Om Bro sekalian yang aktif beraktifitas di bulan Ramadhan.

Yup… Di bulan puasa, banyak dari kita yang mengalihkan sebagian aktifitas di malam hari. Contohnya Mtb sendiri, dulu dijaman old, jaman masih “kerja kantoran”… Mtb lebih suka pulang kantor sekalian malam setelah maghrib. Ketimbang harus bermacet-macetan mengejar maghrib dirumah… Akhirnya malah kena maghrib di jalan gegara terjebak macet.

Lah mending sekalian maghrib di kantor kan Om…?? Pulang rada maleman, jalanan udah lancar.

Juga saat Mtb masih kerja jadi waiter di restoran… Mtb sering “nawar” minta schedule shift malam pada Captain… Supaya siangnya bisa santai & cukup tidur di kamar kost…

Intinya sih enak pisan kalau sebagian aktifitas bisa kita alihkan ke waktu malam selama bulan Ramadhan…

Tapi jika aktifitas tersebut berhubungan dengan jalanan, maka Om Bro harus pahami bahwa ada bahaya berkendara di malam hari, dibanding siang hari…

Nah, untuk meminimalisir potensi bahaya tersebut, berikut ini Mtb share beberapa tips/cara berkendara di malam hari:

jalan lalu lintas malam hari

Tips Mengemudi di Malam Hari

1. Tingkatkan kewaspadaan, karena jarak pandang di malam hari berbeda dengan di siang hari. Ada kalanya seorang pejalan kaki/penyeberang jalan atau hal-hal lainnya tidak terlihat jelas di jalanan yang gelap.

2. Gunakan riding gear / perlengkapan berkendara secara lengkap, yaitu helm, jaket, celana panjang, sepatu dan sarung tangan.

3. Gunakan jaket yang dapat memantulkan cahaya (berwarna terang atau yang ada reflektornya). Dengan begitu, orang lain / pengendara lain akan dengan mudah mengetahui keberadaan kita.

Dengan orang lain menyadari keberadaan kita (dan sebaliknya), maka resiko tabrakan pun dapat dihindari.

4. Pastikan lampu-lampu berfungsi dengan baik. Tidak hanya lampu utama saja, tapi juga lampu rem dan lampu-lampu sein.

Dijalanan yang gelap, gunakan lampu jauh untuk memperluas jarak pandang. Namun jangan gunakan ketika di depan ada pengendara lain, karena itu menyilaukan mereka.

Juga jangan gunakan ketika cuaca berkabut…

Penggunaan lampu jauh di jalanan berkabut, justru akan membuat cahaya memantul dan berbalik ke arah kita sendiri.

5. Jaga jarak aman dari kendaraan lain di depan kita. Hindari tabrak belakang…

6. Jangan ngotot menyalip kendaraan lain jika Om Bro tidak benar-benar yakin akan situasi di depan. Pastikan jangkauan pandangan jauh ke depan, dan situasi di depan benar-benar aman… Aman dari kendaraan lain, dan jalannya lurus, bukan mendekati tikungan…

7. Hindari rute / jalur jalan yang sepi atau yang tidak Om Bro kenal dengan baik.

Kenapa??

Karena ada banyak resiko tindak kejahatan disana… Maka pastikan Om Bro melalui rute yang relatif ramai, juga yang telah Om Bro kenal dengan baik, atau bahkan yang telah biasa Om Bro lalui.

8. Lakukan pemanasan ringan sebelum berkendara. Lakukan sedikit peregangan / pelemasan dari bagian kepala / leher hingga ke bagian kaki. Tips ini seharusnya ada di awal. Tapi tadi Mtb lupa. Ya sudah disini saja. Wkwkwkwk…

9. Sebagai tips berkendara jarak jauh malam hari, sebaiknya beristirahatlah sejenak setelah 2-3 jam berkendara (sepeda motor) atau 4-5 jam (mobil). Istirahat sejenak selama 10-15 menit untuk merefresh otak. Lakukan juga sedikit peregangan otot-otot yang kaku selama berkendara.

10. Patuhi peraturan lalu lintas… Karena sebagian dari kecelakaan yang terjadi ialah akibat pelanggaran peraturan lalu lintas.

11. Jaga kecepatan aman… Karena kecepatan yang berlebihan pun merupakan salah satu penyebab kecelakaan.

12. Waspada di persimpangan jalan… Karena selain dua hal di atas, kecerobohan di persimpangan jalan pun menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

Selain persimpangan, waspadai juga kemungkinan munculnya kendaraan lain dari dalam gang / lorong jalan. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: