11 Poin Pemeriksaan Mobil Sebelum Mudik, Penting Om…!!

Motorisblog.com – Om Bro…!! Sebelum memulai perjalanan menuju kampung halaman, 11 poin pemeriksaan mobil sebelum mudik ini penting untuk Om Bro ketahui. Tujuannya jelas… Untuk memastikan perjalanan Om Bro aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

Yup… Guna meminimalisir resiko masalah dalam perjalanan, dianjurkan periksa mobil sebelum mudik.

Hokeh, berikut ini Mtb sajikan 11 poin pemeriksaan mobil sebelum perjalanan jauh yang di anjurkan oleh ‘Shop and Drive’ melalui media Viva (18/5/2019)…

service mobil

1. Periksa Aki dan Kelistrikan
Pastikan voltase aki sesuai, air aki memadai, kondisi kabel baik, dan semua sistem kelistrikan berfungsi dengan normal. Jika voltase aki soak, Om Bro beresiko sulit menghidupkan mesin selepas istirahat dalam perjalanan.

2. Periksa Oli Mesin dan Transmisi
Pastikan volume oli memadai, dan kondisi oli dalam keadaan baik. Untuk lebih baiknya lagi, ganti oli dengan yang baru.

Kondisi oli yang baik dan sesuai takaran akan mencegah terjadinya over heat. Juga melindungi komponen-komponen dalam mesin dari kerusakan akibat gesekan berlebih.

3. Periksa Suspensi
Pastikan suspensi dalam kondisi baik, demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

4. Periksa / Bersihkan Filter Udara
Pastikan filter udara ada dalam kondisi bersih. Karena filter udara yang kotor akan menurunkan performa mesin dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.

5. Periksa Filter Oli
Selain filter udara, filter oli juga harus dalam kondisi baik dan bersih. Jika filter oli kotor atau bahkan rusak, maka sirkulasi oli tidak akan optimal. Dengan demikian maka perlindungan mesin pun jadi tidak maksimal.

6. Periksa Filter AC
Masih ada satu filter lagi yang harus diperiksa, yaitu filter AC. Filter AC harus bersih untuk menyaring udara. Karena udara kotor dapat menimbulkan penyakit bagi yang menghirupnya.

7. Periksa Tekanan Angin Ban
Tekanan angin yang tepat akan menjaga mobil tetap stabil pada kecepatan tinggi dan di tikungan jalan.

8. Periksa Minyak Rem
Pastikan minyak rem dan kinerja rem ada dalam kondisi baik. Peran rem sangat vital dalam keamanan dan keselamatan berkendara. Maka kondisi rem harus selalu dalam keadaan baik, tanpa toleransi.

9. Periksa Air Radiator
Pastikan air radiator dan radiatornya ada dalam kondisi baik. Jika tidak, mesin bakal mudah overheat lantaran sistem pendinginan tidak seperti yang seharusnya.

10. Periksa Wiper
Tanpa wiper yang baik, Om Bro bakal kerepotan jika dalam perjalanan turun hujan.

11. Periksa Lampu-lampu dan Sein
Pastikan semua lampu-lampu berfungsi normal sebelum Om Bro memulai perjalanan.

Nah Om… Demikian itu beberapa poin cek mobil sebelum mudik. Pastikan Om Bro tidak melewatkannya… Demi kenyamanan, keamanan dan keselematan selama perjalanan mudik.

So… Ayo periksa kendaraan sebelum mudik. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: