dongkrak elektrik portable

11 Perlengkapan Mobil Saat Mudik (Perjalanan Jauh) yang Tak Boleh Dilewatkan

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jangan tertawakan jika Mtb membahas perkara perlengkapan mobil saat mudik diwaktu sekarang, dimana waktunya bukan musim mudik. Karena apa?? Karena yang namanya mudik itu bukan hanya khusus untuk masa libur lebaran saja. Sesekali kita juga harus pulang kampung meski bukan di musim mudik.

Selain itu juga, meskipun judul tulisan ini arahnya pada tips peralatan mobil mudik, namun secara umum tips ini berlaku untuk semua perjalanan jarak jauh. Baik itu perjalanan mudik atau bukan…

Begitu intinya Om…

Yo wiss, ngga panjang-panjang, kita cekidot bae…

11 Perlengkapan Mobil Saat Mudik / Perjalanan Jauh

Biasanya sih setiap mobil baru telah dilengkapi dengan perkakas standar dari dealernya. Tapi pun begitu, perkakas standar saja tidak cukup untuk menangani masalah yang sedikit agak berat saat kita tengah menempuh perjalanan jauh. Karenanya, 11 poin yang Mtb ciduk dari web Auto2000 ini wajib Om Bro bawa dalam mobil jika ingin perjalanan aman dari kendala-kendala ringan…

1. Ban Cadangan (Ban Serep)

ban cadangan ban serep

Bagi beberapa mobil yang telah menggunakan Run Flat Tire (RFT), mungkin saja tidak tersedia ban cadangan. Namun bagi mobil-mobil yang masih menggunakan ban cadangan, pastikan ban cadangan selalu tersedia di mobil.

Kebayang kan kalau tetiba ban gembos di lokasi yang jauh dari bengkel?? Atau malah di lokasi yang angker…. Hiii…. Serem Om…

2. Dongkrak

dongkrak elektrik portable

Percuma bawa ban cadangan kalau ngga bawa dongkrak. Betul?? Lah terus gimana mau ngangkat mobilnya jika Om Bro tidak membawa dongkrak?? Mustahil Om… Kecuali jika Om Bro sudah lulus jadi salah satu anggota Avengers… Wkwkwkekk…

Tapi pun jika Om Bro masuk menjadi anggota Avengers, belum tentu Om Bro punya kekuatan fisik yang besar. Lihat saja Clint Barton (Hawkeye), Natasha Romannoff (Black Widow), Okoye, Gamora, Nebula… Mereka secara fisik tidak akan kuat mengangkat sebuah mobil.

Eehh… Gamora, Nebula & Okoye termasuk anggota Avengers bukan sih…??

Laaahhh…. Wakakakak… Malah ngomongin pilem…

Yo wiss balik lagi ke mobil…

3. Kunci Pas untuk Melepas Mur Roda

Lagi… Meski Om Bro bawa ban serep dan dongkrak tapi kalau kunci roda-nya ketinggalan dirumah, gimana Om Bro mau copotin roda??

Nah, kalau di atas Om Bro harus jadi anggota Avengers, disini Om Bro harus berguru dulu ke Limbad supaya bisa melepas mur roda tanpa kunci. Wkwkwkwk…!!

4. Segitiga Pengaman

Ketika mobil mengalami masalah, entah itu mogok atau pun bocor ban, penting untuk memeberi tanda pada kendaraan lain. Yaitu dengan cara menyalakan lampu hazard dan memasang segitiga pengaman di belakang lokasi mobil mogok.

Apa fungsinya??

Supaya kendaraan lain dapat melihat keberadaan Om Bro dan mobil Om Bro tidak tertabrak oleh kendaraan lain.

5. Buku Panduan Manual

Tampaknya sepele. Apa gunanya buku panduan saat dalam perjalanan??

Dalam situasi normal memang kita tidak membutuhkan buku panduan manual saat menempuh perjalanan. Namun dalam kondisi mobil mogok, buku panduan manual bisa banyak membantu.

Iya Om… Dalam masalah-masalah ringan, ada kalanya kita bisa mendapat solusi dari buku panduan manual.

Sayangnya (konon) banyak orang yang tidak menganggap penting keberadaan buku panduan manual. Jarang ada orang yang rela meluangkan waktu untuk membaca dan memahami seluruh isi buku manual dari kendaraannya sendiri. Padahal jika Om Bro mau meluangkan waktu untuk memahaminya, sewaktu-waktu Om Bro akan mudah mencari petunjuk yang dibutuhkan.

So… Baca dan pahami buku panduan manual mobil Om Bro masing-masing, setelah itu simpan bukunya di laci dashbor mobil. Jadi jika sewaktu-waktu Om Bro mendapati ada gejala tidak lazim pada mobil, Om Bro bisa mencari tahu informasi atau sekalian solusinya di buku panduan tersebut.

6. Kabel Jumper

Memang sih tidak selalu dibutuhkan… Namun saat perjalanan jauh, Om Bro perlu membawa kabel jumper untuk mengantisipasi jika tiba-tiba mobil mogok karena aki tekor.

7. Alat Pengukur Tekanan Ban

Untuk keamanan, keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan, kita harus memastikan bahwa tekanan angin ban telah sesuai dengan anjuran pabrikan.

Pada perjalanan jarak jauh (utamanya di musim mudik yang macet), perkara kurang angin saja bisa merepotkan. Nah, dengan adanya alat pengukur tekanan angin ban, Om Bro bisa memompa dan menyesuaikan sendiri tekanan ban ketika Om Bro mendapati pompa listrik mobil.

8. Senter

Jika tidak ada senter, pastikan ponsel Om Bro punya fungsi senter. Pentingnya ialah untuk alat penerangan jika terjadi kondisi darurat di malam hari.

9. Bawa Cadangan Oli Mesin, Minyak Rem dan Cairan Radiator

Memang sih belum tentu terpakai selama perjalanan, tapi tidak ada juga jaminan bahwa Om Bro tidak akan membutuhkannya. Judulnya sih, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

10. Perkakas (Kunci-kunci)

Sebenarnya biasanya mobil-mobil jaman now sudah dilengkapi kunci-kunci standar untuk perbaikan ringan. Jadi yang harus kita pastikan adalah bahwa tools tersebut telah siaga di dalam mobil sebelum Om Bro memulai perjalanan jarak jauh.

Bahkan jika memungkinkan, Om Bro bisa melengkapi tools yang telah ada dengan kunci-kunci lain yang sekiranya diperlukan dalam situasi urgent.

11. Kotak P3K

Jangan remehkan bagian ini. Sesuai dengan namanya, keberadaan peralatan medis sederhana ini amatlah penting untuk pertolongan pertama. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: