10 Cara Menyalip Motor yang Tertib dan Aman

Motorisblog.com – Om Bro…!! Penting untuk mengetahui cara menyalip motor yang tertib dan aman supaya kita terhindar dari resiko kecelakaan lalu lintas.

Betul Om… Salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas ialah adanya kelalaian manusia, atau dalam bahasa “bule”-nya disebut human error. Dan salah satu bagian dari human error itu sendiri misalnya, kurangnya perhitungan ketika menyalip alias mendahului kendaraan lain.

Naasnya, kesalahan saat menyalip bukan saja membahayakan diri sendiri tapi juga membahayakan pengguna jalan lain.

Nah, untuk meminimalisir resiko tersebut, beberapa hal berikut ini patut untuk Om Bro perhatikan:

1. Nyalakan sein sebelum Om Bro memutuskan untuk menyalip kendaraan lain. Utamanya jika yang Om Bro salip adalah mobil, atau kendaraan yang lebih besar, semisal truk atau bus.

2. Om Bro harus mampu mengukur kecepatan dan tenaga motor secara maksimal, dan yakin dari segala faktor bahwa Om Bro mampu menyalip. Artinya yakin menyalip dengan cukup cepat sebelum datang kendaraan lain dari arah berlawanan.

3. Sebelum menyalip, pastikan lajur kanan dalam situasi aman. Tidak ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan.

4. Jangan menyalip di tanjakan atau pun tikungan jalan.

5. Sebisa mungkin hindari menyalip dari sisi kiri, kecuali dalam situasi darurat. Jika pun terpaksa menyalip dari sisi kiri, pastikan situasi betul-betul aman. Pastikan tidak ada penyeberang jalan atau hal-hal lain yang melintas di depan kendaraan yang hendak Om Bro salip.

6. Bila kendaraan yang akan Om Bro salip menyalakan sein kanan, maka Om Bro jangan menyalip. Karena sein kanan tersebut adalah tanda bahwa situasi di depan tidaklah aman. Biasanya karena ada kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan.

7. Bunyikan klakson maksimal dua kali saat hendak menyalip. Jangan membunyikan klakson panjang atau berulang-ulang. Klakson panjang dapat mengandung arti intimidasi terhadap pengguna jalan lain sehingga berpotensi memancing emosi dan keributan.

8. Lihat kendaraan di belakang melalui kaca spion. Jangan sampai Om Bro menyalip ketika kendaraan dari belakang hendak menyalip juga.

9. Bagi motor/mobil manual, gunakan gigi rendah untuk mendapat akselerasi yang lebih cepat. Bagi motor matic, pastikan Om Bro mengambil ancang-ancang yang cukup sebelum menyalip.

10. Jika saat menyalip tiba-tiba ada mobil dari arah berlawanan, jangan memaksakan diri. Tunda dahulu niatan untuk menyalip, demi keselamatan. Mundur dahulu ke jalur semula dengan tenang.

(Mtb – Cara menyalip mobil yang benar – Cara menyalip menggunakan motor).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: