Review dan Spesifikasi Honda Vario 110 Karbu

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro!! Setahun setelah Yamaha memproduksi Mio, Honda tidak mau kalah dan segera menciptakan tandingan. So, inilah spesifikasi Honda Vario 110 karbu yang secara fitur dan data teknis, dia lebih tinggi dari rivalnya.

Advertisement

Entah karena masih menjajaki potensi pasar atau karena memang ketidaktahuan, saat itu Honda Vario 110 belum mampu mengimbangi jumlah penjualan Mio. Pasalnya, kelengkapan fitur dan kelebihan spesifikasi mesin yang ditawarkan oleh Honda, tentu berimbas pada harga yang lebih mahal.

Selain itu, desain Vario yang gambot diyakini masih menjadi hambatan, dimana saat itu konsumen motor matic masih berada pada satu selera, yaitu desain ramping.

Fitur dan Spesifikasi Honda Vario 110 Karbu

Kunci Pengaman Rem Belakang

Honda Vario 110 adalah matic pertama di Indonesia yang menggunakan fitur ini, yaitu fitur yang akan mengamankan motor saat berhenti di tanjakan, juga dapat membantu mencegah motor meloncat pada saat mesin di nyalakan.

Tutup Pengaman Kunci Kontak

Di kelas matic low end, Honda Vario juga yang menjadi pelopor penutup kunci bermagnet. Fitur ini akan mencegah atau setidaknya menghambat potensi pencurian sepeda motor dengan menggunakan kunci ‘T’.

Double Headlamp pada Body

Meski bukan yang pertama, nyatanya Honda Vario 110 yang menjadi trensetter motor matic dengan lampu utama terletak pada bagian body.

Selain itu, penggunaan dua bohlam juga menguntungkan kita sekalian pada saat lampu mati.

Maksudnya, kita tidak akan serta-merta kegelapan atau di tilang polisi jika salah satu lampu mati, karena masih ada satu bohlam lainnya yang menyala.

Berpendingin Cairan (Liquid Cooled)

Pun di sisi ini, Vario adalah matic pertama yang menggunakan rasio kompresi tinggi.

Tingginya rasio kompresi jelas menguntungkan pada sisi power, namun juga meningkatkan suhu mesin menjadi lebih panas.

Nah, dengan radiator inilah Honda membuat pendinginan Vario 110 menjadi lebih optimal.

Pengaman Standar Samping (Side Stand Switch)

Lagi-lagi Vario 110 adalah pelopor fitur ini.

Ini pertama kalinya Om Bro tidak akan dapat menyalakan mesin pada saat standar samping dalam posisi turun. Efek baiknya Om Bro tidak akan pernah lupa menaikkan standar, dan Om Bro tidak akan tergelincir gegara mesin menyala pada standar samping.

Ukuran Ban Besar

Kelebihan berikutnya adalah ukuran ban yang relatif lebih besar dibanding kompetitor.

Ukuran ban yang lebih besar tentunya memberikan handling yang lebih stabil pada semua kecepatan dan semua kondisi jalan.

Velg Lebih Kokoh dari Kompetitor

Velg Honda Vario terbukti kokoh, tidak mudah goyang seperti rivalnya, Yamaha Mio versi karburator, bahkan hingga era Mio J.

Minim Getaran

Kelebihan lainnya adalah dalam hal getaran mesin yang lembut.

Model sambungan dobel pada pertemuan body dan swingarm Honda Vario, terbukti efektif dalam mereduksi getaran dari mesin ke bodi.

Suspensi Nyaman

Perkara ini sebenarnya tidak hanya pada Vario 110 saja. Honda memang selalu memberikan kenyamanan suspensi pada semua produk entry level’nya.

Tiga hal di atas itu sudah pernah Mtb bahas pada artikel komparasi Honda vs Yamaha.

Konsumsi BBM Relatif Irit

Di zaman itu, konsumsi BBM Vario sejauh 40 km/liter adalah tergolong irit. Faktanya, Yamaha Mio dan Suzuki Spin memiliki rasio konsumsi yang lebih boros.

Biang keroknya adalah karena saat itu teknologi pengabutan mesin masih marak menggunakan karburator. Sementara pola mesin matic mengaruskan rpm yang lebih tinggi dibanding motor manual. Maka itulah konsumsi bahan bakar motor matic cenderung boros dibanding motor bertransmisi manual.

Advertisement

Kekurangan Honda Vario 110 Karbu

Filter Udara di Bawah Bagasi

Sebenarnya di zaman itu hal ini bukanlah merupakan sebuah kekurangan. Namun karena melihat perkembangan motor zaman now, maka hal ini tampak menjadi sebuah poin minus.

Nyatanya posisi filter udara di atas mesin seperti itu telah membuat ruang bagasi menjadi sempit.

Sistem Bahan Bakar Masih Karburator

Masalahnya hanya beberapa tahun kemudian teknologi persepeda motoran sudah masuk pada era injeksi. Akibatnya teknologi karburator di zaman sekarang jadi tampak mulai usang.

Desain Body Gambot

Pada zaman itu selera konsumen skutik di Indonesia masih lebih suka desain body ramping. Jadi karena itu Vario 110 agak kurang diminati konsumen.

Suara Starter Elektrik yang Menggelegar

Honda matic sebelum era AGC memiliki suara starter elektrik yang ‘luar biasa dahsyatnya’. Hal ini menjadi salah satu bahan olokan pecinta motor kompetitor terhadap Honda Vario 110 kala itu.

Jok Rasanya Sekeras Papan Kayu

Sayangnya getaran minim dan suspensi yang nyaman dari Honda Vario tidak di sertai dengan jok yang empuk. Hal itu membuat pantat pengguna Honda Vario 110 cepat terasa panas saat menempuh perjalanan jauh.

Belum Memiliki Rak barang di Bagian Depan

Pada generasi awal, bagian depan Honda Vario masih polos. Tidak ada rak mini yang dapat digunakan untuk menyimpan botol minuman dan sebagainya.

Rak mini ya Om. Bukan rok mini. Wkwkwkwk.

Spesifikasi Teknis

Tipe Mesin 4-langkah SOHC berpendingin cairan 108,2cc silinder tunggal
Bore × Stroke 50 × 55 mm
Rasio Kompresi 10,7:1
Power Maksimum 8,99 ps/8.000 rpm
Torsi Maksimum 0,86 kgf.m/6500 rpm
Starter Electric & kick starter
Kapasitas oli 0,7 liter pada penggantian periodik
Sistem Pengabutan Karburator, VK22×1
Kopling Otomatis sentrifugal tipe kering
Transmisi Otomatis v-belt
Dimensi Panjang 189,7 cm
Lebar 68 cm
Tinggi 108,3 cm
Jarak As Roda 127,3 cm
Jarak ke Tanah 13,25 cm
Tinggi Jok 75,8 cm
Berat Kendaraan 99,9 kg (SW)
99,3 kg (CW)
Kapasitas Tangki 3,6 liter
Tipe Rangka Backbone
Suspensi Depan Telescopic
Suspensi Belakang Swing arm dengan suspensi tunggal
Ban Depan 80/90-14 40P
Ban Belakang 90/90-14 46P
Rem Depan Cakram hidrolis 190 mm
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengapian DC-CDI
Baterai (Aki) 12V-3,5Ah
Busi ND U22FER9
NGK CR7EH9

Setelah teknologi pengabutan pada mesin sepeda motor mayoritas injeksi, PT AHM sempat merilis Honda Vario 110 versi mesin injeksi. Desainnya dibuat mirip dengan Vario 110 karbu, namun spek mesinnya malah diturunkan.

Yup. Vario 110 FI menggunakan basis mesin Beat series yang berpendingin udara. Bukan berpendingin cairan (radiator) seperti Vario 110 karbu, Vario 125, dan Vario 150 eSP. (Mtb – Spesifikasi Honda Vario 110 karbu).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *